Kota, KORSUM  Penyelesaian- pembebasan tanah untuk kawasan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang tinggal kurang lebih 18 hektaran yang belum dibebaskan dari luasan keseluruhan 32 hektar. Untuk di tahun 2020 ini, Pemerintahan Kabupaten Sumedang akan membebaskan tanah di depan gedung IPP sebagai prioritas untuk akses penataan kawasan IPP seluas 1,2 hektar.

“Tahun 2020 ini yang di prioritas kan pembebasan lahan di kawasan IPP tersebut di depan dan ada dua bidang yang akan dibayarkan atas nama H.Undang dengan luasan 10.700 m2 dan H.Cecep sekitar 300 m2 serta H.Endang. Pembayaran lahan tersebut anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Sumedang sebesar Rp.30 milyar lebih yang direncanakan karena saat ini DPA nya belum disahkan,”jelas Kepala Bidang Pertanahan pada Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang Agah Muhamad Nugraha saat dikonfirmasi Senin 13/1/20 diruang kerjanya.

Ia melanjutkan, anggaran Rp.30 milyar lebih untuk pembayaran pembebasan lahan yang di depan IPP tersebut yang direncanakan, adapun nantinya berapa jumlah yang di setujui setelah pengesahan DPA nya belum bisa dipastikan bisa kana tetap sesuai ajuan bisa juga berkurang.

“Di prioritaskan pembayaran lahan yang di depan IPP tersebut, itu untuk akses jalan nantinya. Dan penataan di depan kawasan IPP. Untuk sisa nya yang kurang lebih 18 hektaran akan di selesaikan tahun berikutnya,”ujarnya.