Buahdua, Korsum - Sebagaima diketahui, bahwa desa diperlukan pelayanan kesehatan, salahsatunya kesiapan dalam antar jaga baik siang maupun malam hari.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua baru baru ini telah memiliki kendaraan mobil siaga (siap antar jaga) berupa Ambulance untuk pelayanan kesehatan masyarakat dari semua kalangan.

Menurut Aad Suganda, Penjabat Kepala Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua ketika dikonfirmasi KORSUM, Rabu (15/1/2020) dikantornya, mengatakan, apabila terjadi sesuatu terhadap warga secara mendadak mendapat kecelakaan atau menderita sakit perlu ke Puskesmas maupun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang pada malam hari sangat sulit untuk mendapatkan kendaraan.

"Maka pihak pemerintah Desa bermusyawarah dengan para pengurus lembaga desa,tokoh masyarakat harus memiliju kendaraan siaga Ambulance yang stanbye di desa dan supir siap pakai bilamana terjadi secara darurat perlu pelanan kesehatan," sebutnya.

Kendaraan siaga Ambulance mamfaatnya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa Cilangkap dan semua kalangan yang memerlukan pelayanan kesehatan.

Hal ini, kata Aad, mendukung program Bupati Sumedang dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat maka semua pihak sepakat Desa Cilangkap membeli satu Unit Ambulance yang didanai dari Dana Desa (DD) tahap dua sebesar Rp 186 juta.**(Indang)