Darmaraja, KORSUM - Untuk memperingati Hari Sejuta Pohon se-dunia, dan sebagai upaya Polri dalam ikut berpartisipasi mencegah bencana alam dan untuk memulihkan kondisi alam yang tandus serta kering sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menanam dan merawat Pohon secara serentak yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Jajaran Polres Sumedang bersama TNI dan Pemerintah Daerah, serta komunitas masyarakat peduli lingkungan, melaksanakan penanaman pohon secara masal di sekitar Bendungan Jatigede sebagai puncak acara Polri Peduli Penghijauan, Jumat (10/1).

Pada kesempatan tersebut, sekitar 5.000 bibit pohon kayu dan buah ditanam tepatnya di Pasir Calung Jatigede yang secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon Mangga oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir diikuti oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, serta jajaran Polres Sumedang dan Kodim 0610/ Sumedang.

Adapun gerakan penanaman pohon yang digagas oleh Polri tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali kawasan Jatigede serta mencegah deforestasi hutan dan lahan sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, dipilihnya kawasan sekitar Jatigede sebagai tempat kegiatan penanaman pohon, karena Jatigede merupakan salah satu lokasi yang menjadi ikon Kabupaten Sumedang yang perlu dihijaukan dan dirindangkan agar lingkungan di sekitar Jatigede tidak terlalu panas.

“Selain sebagai bagian upaya penghijauan, dengan ditanamnya pohon ini juga akan menambah keindahan alam di sekitar Jatigede,” ucapnya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, usai melakukan penanaman pohon.

Sementara itu dengan penanaman pohon ini, sambung Dony, bisa  memberikan motivasi dan kesadaran masyarakat agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sehingga merasa ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.

“Mari kita lestarikan lingkungan untuk masa depan kita dan anak cucu kita. Ini pesan moral yang diawali dengan menyentuh kesadaran masyarakat untuk menggerakan hatinya dan selanjutnya menjadi bagian gerakan menanam pohon di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran  Polri, TNI dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi untuk turut serta dalam penanaman sejuta pohon.

“Ini adalah wujud kebersamaan masyarakat dari berbagai elemen untuk bersama menanam pohon di Kawasan Jatigede,” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana melalui Kabag Perencanaan Polres Sumedang, Kompol Syafik LS mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah Kapolri untuk melaksanakan penghijauan.

"Jadi ini merupakan perintah dari Kapolri kepada seluruh Jajaran Kepolisian dari tingkat Polda, Polres hingga ke tingkat Polsek untuk melakukan penghijauan," ucapnya.

Lebih lanjut Syafik mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini juga, tidak hanya dilaksanakan di kawasan Jatigede tetapi juga dilaksanakan beberapa titik yang tersambar disetiap kecamatan.

“Untuk di Kawasan Jatigede ini kita melaksanakan penanaman di tiga pulau, dengan melibatkan 600 orang yang melakukan penanaman pohon. Sementara dihari ini juga, ada tiga titik juga yang melaksanakan penanaman yaitu di Kecamatan Wilayah Jatinangor, Jatigede dan untuk Kapolres Sumedang saat ini juga sedang melaksanakan penanaman bersama denga Kapolri dan Presiden di Cikeas," tandasnya. **