Sumedang, KORSUM.NET - Sebanyak 289 santri di Kabupaten Sumedang akan mengikuti "Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang, Jl Cut Nyak Dien, Sabtu (22-23/2), besok.

"Ini merupakan salahsatu rangkaian HUT ke- 47 PDI Perjuangan, yang dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang" ucap Ketua pelaksana kegiatan Sulaeman, ketika dikonfirmasi di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, Jumat (21/2).

Adapun 289 santri yang mengikuti perlombaan MHQ, sambung Sulaeman, 159 santri merupakan kategori SLTP, 122 santri kategori SMU dan 10 peserta lainnya yaitu kategori usia 35 Tahun.

"Nantinya, para santri ini akan memperebutkan uang pembinaan dengan total Rp24 juta dan juga Trophy," ucapnya.

Sulaeman menuturkan, kegiatan MHQ ini, untuk pertama kalinya digelar di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang. Dimana nantinya, pemenangnya akan diikut sertakan pada perlombaan tingkat Provinsi dan Nasional.

"Kegiatan ini,  menjadi bukti PDI Perjuangan konsisten bergerak di jalur agama dan budaya sebagai perwujudan pribadi bangsa Indonesia," kata dia.

Sulaeman menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya mediator dari PDI Perjuangan kepada para santri yang memiliki bakat dalam menghafal Al Qur'an.

"Untuk kegiatan MHQ ini, rencananya akan digelar setiap tahun dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa mewadahi dan menjadi motivasi bagi para santri untuk terus mengasah bakatnya dalam menghapal Al Qur'an," tandasnya. **