Jatinunggal, KORSUM. NET
Tahun 2020 ini Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal termasuk yang melaksanakan pilkades serentak. Adapun jumlah calon kades di Sukamanah diikuti oleh 4 orang calon antara lain, Nomor 1 Asikin Sulaeman, Nomor 2 De Sudarmono Nomor 3  Rasidi, dan Nomor 4 Ocin, SE.
Menurut Sekretaris Desa Sukamanah, Ahmad Khapi, bahwa saat ini tahapan pilkades sudah penetapan calon, yakni tanggal tanggal 17 Januari 2020, dan sekarang sedang proses penyusunan daftar pemilih tambahan.
“Adapun waktu pelaksanaan pilkades serentak pada tanggal 8 April 2020. Sedangkan anggaran pilkades sekitar Rp 51 juta berasal dari anggaran kabupaten Sumedang dan anggaran desa,” kata Sekdes, Senin (27/1/2020), di kantor Desa Sukamanah.
. Menurut Sekdes, panitia pilkades berharap, anggaran segera dicairkan, karena sampai sekarang panitia bekerja mengeluarkan uang pribadi.
Jadi, ada kendala di operasional, terkadang mengumpulkan calon itu harus menyediakan makan dan minumnya dan itu dari mana. Sampai saat ini sangat dirasakan karena waktu dulu terbagi menjadi dua tahap, pada tahap pertama mengeluarkan 17 juta rupiah dan sekarang sekitar 51 juta-an,yakni untuk tahap pertama sebesar 17 juta rupiah dan untuk tahap pembentukan persiapan panitia sosialisasi juga masih kurang,” sebut sekdes.
Sekdes menyebutkan,  panitia tidak menyimpan kas , karena  sampai saat ini kas tidak ada, tapi mudah-mudahan besok atau lusa surat pertanggungjawaban yang kemarin dikasihkan katanya akan mendapat RAB dari Dinas PMD.
Lalu anggaran itu akan masuk ke desa, tapi masih diperkirakan masih jauh, sekitaran bulan Februarian atau maret,” harapnya.**[Risal Riswandi]