Sumedang, KORDUM.NET - Sebanyak 5 tersangka perkara Curanmor, Curas dan Curat (C3) disejumlah wilayah dan pelaku percobaan perkosaan di wilayah Polsek Cisitu, berhasil diringkus Satreskrim Polres Sumedang.

Adapun tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di terjadi di wilayah Polsek Tanjungsari, Pencurian dengan kekerasan (Curas) di Jatinunggal, Pencurian dengan pemberatan (Curat) di Pamulihan.

"Ke 5 tersangka tersebut yaitu, satu pelaku Curanmor DN alias Didin, satu tersangka Curat SH alias Munding, dua pelaku Curat NR alias Kancil dan MF serta JSH merupakan tersangka pelaku pemerkosaan yang berprofesi sebagai supir angkot (Angkutan kota)," terang Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana kepada sejumlah wartawan di Halaman Mapolres Sumedang, Senin (24/2).

Lebih lanjut Kapolres menuturkan,  dari perbuatan ke 5 tersangka tersebut, berhasil mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, satu unit kendaraan roda dua dari pelaku tindak pidana Curanmor, satu unit kendaraan bermotor dari tindak pidana Curas , 2 buah gelang mas, 2 untai kalung, satu bilah golok dan uang tunai Rp 5 juta. Untuk barangbukti dari tindak pidana Curat satu kunci pas ukuran 19 cm, satu unit kendaraan bermotor dan satu buah besi dudukan mesin dynamo. Sedangkan barangbukti dari tindak pidana ancaman pemerkosaan, satu unit kendaraan angkutan umum dan sejumlah pakaian korban.

"Atas perbuatannya tersangka Curanmor dan Curat dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman 7 tahun penajara, tersangka Curas di dijerat pasal 365 ayat 1 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara. Sementara untuk tersangka percobaan perkosaan dijerat pasal 285 ayat 1 KUHP ancaman 12 tahun penjara jo pasal 53 ayat 1 KUHP dengan ancaman dikurangi sepertiga dari pidana pokok," tandas Kapolres. **