Jatinunggal, KORSUM.NET - Satu alat berat diterjunkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, guna membersihkan material lonsor yang terjadi di empat titik di Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal.

Adapun kelima titik longsor tersebut terjadi di Ruas jalan Cipeundeuy - Cimaningtin pada Blok Cinanggulang, Blok Dengkeng Waru, Blok Dengkeng Waru, Blok Gunuk Urug dan Ruas Jalan Cipeuteuy - Cimaningtin (Jalan Desa) Lingkungan Cipeuteuy Blok Salasa RT 1 RW 5 dan RW 6 Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal.

"Iya hari ini, Dinas PUPR menurunkan alat berat satu unit backhoe atau loader, untuk pembukaan jln akibat longsor yang terjadi pada hari Jumat (7/2), di jln terusan Cipeundey - Cimanintin. Dimana longsoran tersebut menutup akses Jalan Kabupaten," kata Tim URC BPBD Kabupaten Sumedang, Dede Fadilah pada Korsum.net, Minggu (9/2).

Sementara itu Plt Sekertaris Dinas PUPR Kabupaten Sumedang, R. Sonny Nurgahara mengatakan, pihaknya pada hari Sabtu (8/2) sudah melakukan survey kelapangan bersama dengan Camat Jatinunggal dan Sekretaris Desa Cimaningtin, dalam rangka rencana Land Clearing (Pembersihan gundukan tanah) di lokasi bencana longsor.

Berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan tersebut, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak Kepala Desa Cimaningtin untuk meminta persetujuan rencana pembuangan tanah bekas longsoran.

"Hari ini, kita menerjunkan alat berat Loader ke 5 titik lokasi bencana longsor sekaligus melalukan land clearing di lokasi longsor tersebut," ucapnya.

Salain itu, sambung Sonny, pihaknya juga akan segera melakukan usulan kegiatan penanganan penguatan tebing melalui kegiatan peningkatan jalan melalui APBD Perubahan Tahun 2020 dan APBD Tahun 2021.

"Kalau di APBD murni itu tidak mungkin diusulkan karena sekarang sudah tahun berjalan. Makanya kita usulkan di APBD perubahan 2020 dan APBD 2021, mudah - mudahan itu menjadi bahan pertimbangan dan keputusan pimpinan lebih lanjut," tandasnya. **