Kota, KORSUM.NET - Keberanian Pemda Sumedang mengukuhkan dirinya sebagai kabupaten wisata. Tidak hanya potensi yang dimiliki, namun dukungan anggaran Pemprov Jabar yang tahun ini siap kucurkan Rp 30 miliar untuk pengembangan wisata Jatigede.

Hal diutarakan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara Jumat kemarin (21/2). Pemprov Jabar juga akan kucurkan masing-masing Rp 2 miliar untuk pengembangan wisata Curug Sindulan, Batudua dan Musium.

Bahkan tahun depan lanjutnya, gubernur akan membuat mesjid dan menara di Lingkar Timur Jatigede. Mesjid dan menara itu akan dibuat terindah se-Indonesia yang saat ini DED-nya sedang dipersiapkan.

"Sumedang berani kukuhkan sebagai kabupaten wisata karena punya potensi sebagai kawasan wisata termasuk potensi seni dan budaya peninggalan kerajaan Sumedang Larang tempo dulu, " sebutnya.

Hal itu ditunjang dengan akses sabilitas seperti jalan Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati termasuk kedepannya kereta api. Potensi wisata ini akan menarik adanya bisnis sebagai penggerak ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

"Bisnis wisata akan berjalan terus menerus. Program ini akan terwujud dengan rumus 3A. Pertama akses sabilitas, terus dibenahi termasuk akses Jatigede. Kedua aminitas yaitu fasilitas umum dan sosial seperti mesjid, lahan parkir dan toilet. Ketiga aktraksi yakni alam, budaya dan pertunjukan, " tuturnya.**