Sumedang, KORSUM.NET - Material longsor menutup sebagian badan jalan Bandung - Cirebon, tepatnya di Dusun Cilengsar Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (3/2) malam.

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan, lonsor yang terjadi sekira Pukul 20.15 WIB tersebut, dari tebing dengan tinggi 5 meter dan lebar 3 meter. Akibatnya longsor menutupi setengah badan jalan nasional Bandung - Cirebon.

"Longsor juga membawa material tanah ,batu beserta akar pohon dengan diameter 2 meter dan  panjang 3 meter, yang menutup sebagian badan jalan Nasional tersebut," kata Yedi pada Korsum.net.

Adapun kejadian longsor tersebut, sambung Yedi, akibat hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi cukup lama, sehingga tebing dengan tinggi 5 meter dan panjang 3 meter tersebut ambrol dan materialnya ke badan jalan.

Atas kejadian tersebut, Tim Pusdalops BPBD kabupaten sumedang beserta TNI,POLRI dan Satpol PP  melakukan giat pembersihan material longosoran, yang menutupi sebagaian badan jalan nasional  tersebut.

"Alhamdulillah, material dapat dibersihkan sekitar pukul 22.00 WIB," tandasnya. **