Sumedang, KORSUM.NET - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank bjb) Cabang Sumedang, fokus pada reposisi bisnis dan mengembangkan sektor produktif yang mendorong perekonomian di masing-masing daerah khususnya di Jawa Barat dan Banten.

Termasuk dalam pengembangan ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berperan penting dalam menopang dan menggerakan perekonomian terutama di daerah.

Untuk itu Bank BJB Cabang Sumedang, mengadakan edukasi kepada sejumlah pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumedang, dengan tema "HP Produktif, Omset Meningkat" yang diikuti oleh 80 orang pelaku UMKM untuk Belajar singkat poto produk dengan HP, dan meningkatkan penjualan bersama blibli.com.

Pemimpin Bank BJB Cabang Sumedang, Graha Noviana mengatakan, Bank BJB menjadi mitra dalam perbankan, karena sudah digariskan dari owner BJB untuk mendorong dan penggerak roda ekonomi di Daerah.

"Dengan UMKM, khususnya UMKM yang bermitra dengan BJB, Insya allah usaha para pelaku makin besar. Jadi kalau usaha ingin besar Bank BJB adalah jawabannya, karena untuk usaha tidak akan jauh dari perbankan," ucapnya saat membuka kegiatan pelatihan terhadap para pelaku UMKM bertajuk HP Produktif, Omset Meningkat yang dilaksanakan di lantai 2 Kantor BJB Cabang Sumedang, Jalan Prabu Geusan Ulun, Selasa (25/2).

Di era digital ini, sambung Dani, tentunya kita harus mengikuti perkembangan jaman atau kita yang akan ketinggalan.

"Jadi dengan teknologi ini, jangan takut kita sudah tua atau Gaptek (Gagap teknologi), karena saya yakin kita semua bisa menggunakan teknologi itu," tegasnya.

Ditempat yang sama
Divisi UMKM BJB Cabang Sumedang, Ari Jembar Wibisono mengatakan, kegiatan ini dalam meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM, dimana dalam era globalisasi dan digitalisasi dituntut untuk mengikuti jaman. Karena saat ini sedang maraknya online marketing.

"Diharapkan hari ini para pelaku UMKM, di hari akan mendapatkan knowledge (pengetahuan) atau ilmu-ilmu memasarkan produknya dengan menggunakan media - media online tersebut. Untuk itu pada kegiatan hari ini kita mengahdiri pemateri dari blibli.com yaitu Mr Big Willy," ujarnya.

Nantinya, sambung Ari, pemateri akan menyampaikan bagaimana strategi untuk meningkatkan omset hanya melalui handphone.

"Untuk sesi pertama di bulan Februari ini, saat ini pesertanya sekitar 80 orang, dimana merupakan binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumedang, nasabah internal Bank BJB dan dari para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sumedang," ucapnya.

Ari menambahkan, jika nantinya para peserta yang mengikuti kegiatan ini, memiliki strategi pemasaran online, otomatis membutuhkan wadah rekening. Bank BJB siap hadir untuk menjembatani para pelaku UMKM tersebut.

"Tentunya kita akan siap menjembatani para pelaku UMKM. Selain itu BJB juga siap sebagai kredit modal kerja dengan fasilitas yang kita siapkan," tandasnya.

Sementara itu Kabid UMKM pada Diskoperindag Kabupaten Sumedang, Idik Jaya Permana
mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BJB dengan Diskoperindag.  Diharapkan melalui kegiatan ini ikut mendorong visi Bupati dan mengurangi kemiskinan.

"Saya berharap pa Bupati untuk lebih memprioritaskan lagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sumedang. Sehingga membuat dasar yang kuat, jangan hanya memberi sesuatu, tetapi bagaimana cara membangkitkan semangat para pelaku UMKM ini," ucapnya.

Untuk pelaku UMKM di Sumedang sendiri, sambung Idik, terbagi dalam tiga kategori yaitu pemula, berkembang dan sudah maju. Untuk yang sudah maju sendiri memang mereka sudah memiliki strategi yang berbasis digital.

"Nah pada kegiatan ini, yang diikutsertakan kita prioritaskan yang pemula," ujarnya.

Idik berharap, melalui kegiatan ini para pelaku UMKM di Kabupaten Sumedang bisa terus berkembang dan mampu bersaing dengan UMKM yang sudah maju.

"Saya tentunya sangat mengapresiasi Bank BJB dalam ikut mendorong agar pelaku UMKM berperan penting dalam menopang dan menggerakan perekonomian terutama di daerah khususnya di Kabupaten Sumedang," tandasnya. **