Situraja KORSUM.NET - Masyarakat Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja  Kabupaten Sumedang, membuka akses jalan usaha tani guna meningkatkan akses pemasaran petani di daerah itu.

Kepala Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Ico Suarsa mengatakan, pembukaan akses jalan baru petani itu murni dari swadaya masyarakat dengan cara gotong royong untuk membangun jalan usaha tani.

“Pembangunan jalan usaha tani sangat dibutuhkan untuk menghubungkan sentra-sentra produksi pertanian dengan jalan desa”. Jelasnya.

Dibukanya jalan usaha tani diharapkan bisa dimanfaatkan, para petani tidak lagi kesulitan untuk mengangkut dan memasarkan segera hasil-hasil pertanian dan perkebunan.

"Tanah Jalan usaha tani  berasal dari tanah hibah masyarakat, sementara pengerjaannya dengan bergotong-royong. Kami berharap dengan adanya akses jalan baru para petani apabila musim panen tidak usah dipikul tapi bisa diangkut menggunakan sepeda motor yang jarak jalannya 1000 meter. Semuanya murni  swadaya masyarakat berupa tenaga dari 10 RW dengan  rata-rata 95 sampai 100 KK per RW," Tuturnya Kamis (6/2) Ditempat aktivitasnya.

Hal senada juga disampaikan Asep Warga Desa Situraja Utara, ia mengatakan dengan dibangunnya jalan usaha tani berharap masyarakat/petani tidak lagi susah payah mengangkut hasil panen mereka karena jalan sudah ada.


“Sebelumnya, para petani harus memikul sendiri atau mengangkut hasil panen dari sawah ke jalan desa karena tidak ada jalan yang bisa dilalui kendaraan roda dua. Dengan mengangkut hasil panen menggunakan sepeda motor diharapkan setidaknya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa." Harapnya**