Kota, KORSUM.NET - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra menerima kunjungan para Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang.

"Jadi hari ini, kita menerima kunjungan dari seluruh jajaran KPU baik Komisioner maupun sekretarisnya," kata Irwansyah ketika dikonfirmasi Korsum.net, usai menerima Kunjungan KPU di Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, Jumat (14/2).

Adapun yang dibahas dalam pertemuan tersebut, sambung Irwansyah, mengenai program pendidikan berkelanjutan yang harus bersinergi dengan dinas-dinas terkait, untuk melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

"Intinya, terkait apa yang disampaikan oleh KPU tadi, tentunya kita sebagai DPRD akan menyambut baik. Selain itu mengenai permintaan KPU untuk adanya keselarasan kegiatan dengan DPRD, tentunya kita juga siap bekerjasama apalagi ini untuk kebaikan dan peningkatan pemilu yang akan datang," tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, maksud kunjungannya ke DPRD yaitu untuk menindaklanjuti Surat Edaran KPU pusat terkait dengan pendidikan berkelanjutan.

"Jadi, kami KPU Kabupaten/Kota melakukan kerjasama dengan instansi terkait. Kami juga sudah melakukan kunjungan, seperti ke Kesbangpol dan sudah melakukan Koordinasi Dinas Sosial terkait dengan perempuan. Jadi tahun ini programnya adalah adanya pendidikan berkelanjutan bersinergi dengan dinas-dinas terkait untuk melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat," ujarnya.

Dengan kunjungan ke DPRD ini, imbuh Ogi, kami berharap ada beberapa kegiatan yang ada di DPRD yang bisa diselaraskan dengan KPU.

Selain itu, kami juga berharap kepada DPRD terkait dengan adanya skema penganggaran untuk Pemilu yang akan datang.

"Kalau di Pilkada sebelumnya 1 tahun sebelum Pemilu, hari ini kami mengajukan skema 3 tahun sebelum Pilkada itu digelar. Tujuannya yaitu  tidak membebankan anggaran daerah.
Jadi kalau misalnya anggarannya dengan dicicil begitu setidaknya nanti di tahun pemilihan daerah tidak terlalu berat," tuturnya.

Ogi menambahkan, dengan skema anggaran dari 3 tahun sebelum Pilkada juga. Untuk program juga bisa dilakukan jauh-jauh hari, dimana pendidikan pemilih, sosialisasi dan kegiatan lainnya bisa dijalankan lebih awal tentunya dengan skema tersebut akan lebih
efektif.

"Diharapkan dengan skema tersebut, Nanti secara partisipasi juga meningkat, begitu juga secara kualitas yang lebih baik," ucapnya.

Ogi juga sangat berterima kasih kepada ketua DPRD, yang siap mensupport aktivitas dari KPU, baik sosialisasi atau pendidikan pemilu berlanjutnya dan juga rencana pengajuan skema penganggaran untuk Pilkada.

"Alhamdulillah, tadi responnya sangat positif dan tentunya sangat berterimakasih kasih, karena beliau siap mensupport kami," tandasnya. **