Darmaraja, KORSUM NET -   Warga OTD yang sudah menetap 5 tahun di Dusun Ciputat Pasir Lempa Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja, kini hidupnya dihantui ketakutan ancaman bencana longsor yang diduga akan terjadi.

Ancaman longsor itu ditenggarai adanya pergerakan tanah tebing setinggi 5 meter diatas pemukiman warga. Tanah secara terus menerus bergerak hingga bulan terakhir ini mendekati salah  satu rumah yang posisi paling atas dari pemukiman.

"Rumah saya yang paling terancam karena paling dekat dengan tebing. Saat ini tinggal menunggu longsor itu datang," ujar Sukaesih yang mengaku pergerakan tanah tinggal 1 meter lagi menggerus rumahnya, Selasa (25/2).

Hujan besar di malam hari lanjutnya, terpaksa mengungsi ke rumah tetangga karena takut longsor datang disaat tidur. Tidak hujan pun tetap tak bisa tidur karena ancaman longsor yang bisa terjadi dengan tak terduga.

Pergerakan tanah berakibat dapur bergerak, posisi rumah miring sehingga harus ditopang bambu. Kaca rumah dan lantai keramik pecah. " memohon kepada Pemda, selamatkan kami dari ancaman longsor ini,"ujarnya.

Ditempat yang sama, dibenarkan Momo warga OTD masih tetangga Sukaesih. Sebulan terakhir ini kata Momo, pergerakan tanah terus menerus yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

"Tanah tebing itu terus bergerak mengancam rumah Sukaesih. Seandainya rumah Sukaesih itu tergerus longsor, maka akan menimbun beberapa rumah yang berada dibawahnya, " katanya.

Kejadian itu sudah dilaporkan ke pemerintah desa, namun masih belum ada realisasinya. Kini warga berharap Pemda segera antisifasi ancaman bencana longsor tersebut.**