Sumedang, KORSUM.NET - Para penerima bantuan di Kecamatan Wado mempertanyakan Bantuan Sosial (Bansos) Nutrisi program tahun 2020.

Pasalnya, Bansos Nutrisi yang nilai anggarannya Rp.40 ribu per-penerima manfaat yang diterima berbentuk barang, dinilai tidak sesuai dengan anggaran yang seharusnya.

"Kan jelas anggaran per-penerima Rp. 40 ribu, tetapi yang diterima masyarakat hanya berupa Wortel ¼ gram, Tempe, dan daging ayam yang ditaksir harganya di angka Rp.15 ribu saja. Bahkan, ada sebagian tempe yang kualitasnya sangat buruk dan sudah dalam keadaan bau. Atas dasar itu, para warga penerima manfaat di Wilayah Kecamatan Wado, mengajukan keberatan yang dibuat dengan berita acara, untuk disampaikan langsung ke Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir," kata Sekretaris APDESI Kecamatan Wado, Dede Suhendar saat dikonfirmasi Korsum.net, di Kantor IPP Setda Sumedang, usai memberikan surat keberatan ke Bupati, Kamis (20/2).

Dede menuturkan, pihak Desa hanya memfasilitasi, apa yang menjadi keluhan dari warga penerima manfaat. Pasalnya warga malah mempertanyakan ke pihak Desa terkait masalah tersebut.

Diakui Dede, sebelumnya pernah dilakukan lakukan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai Bansos Nutrisi tersebut, dan warga sudah mengetahui kalau nominalnya Rp. 40 ribu.

"Jadina Desa nu katempuhan pan, soalna warga ntos apal anggarana 40 ribu per-penerima," ujarnya.

Adapun surat pernyataan masyarakat yang dilayangkan ke Bupati, sambung Dede, adalah bentuk pernyataan dimana isinya, warga akan menolak Bansos Nutrisi di Bulan berikutnya, jika masih berupa barang yang sama dan tidak sesuai dengan anggarannya.

"Mudah-mudahan pa Bupati mau merespon apa yang menjadi keluhan warganya tersebut," harapnya.

Untuk jumlah penerima manfaat Bansos Nutrisi di Kecamatan Wado, tambah Dede, yaitu berjumlah 3.313 penerima dan semuanya sudah membuat surat pernyataan akan menolak bantuan berikutnya, jika masih berupa barang yang sama.

"Alhamdulillah, tadi surat pernyataannya sudah diterima oleh bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumedang," tandasnya. **