Sumedang, KORSUM.NET - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, melakukan pemantauan dan pengecekan sejumlah barang / kendaraan milik daerah disemua
Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) se-Kabupaten Sumedang.

Kepala Bagian Pengelolaan Barang Daerah Setda Sumedang, Asep D Darmawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan terhadap kendaraan milik Pemda Sumedang yang terdapat di semua SOPD di Kabupaten Sumedang.

"Untuk pemeriksaan bulan ini, kita fokus ke kendaraan roda 2, 3, 4 dan 6 untuk memastikan apakah kendaraan tersebut ada atau tidak," ucapnya saat dikonfirmasi Korsum.net, di ruang kerjanya, Kamis (27/2).

Selain itu, sambung Asep, pengecekan juga dilakukan untuk mencocokan antara fisik kendaraan dengan surat-suratnya, yaitu STNK dan PKB. Termasuk pajak kendaraannya sudah dibayar atau tidak.

"Kalau dilapangan kan, ada kendaraannya yang fisiknya sudah di ubah, bahkan ada juga yang pajaknya belum dibayarkan. Selain itu ada juga STNK kendaraan yang hilang, bahkan kendaraan bermotor juga ada yang hilang," tuturnya.

Untuk kendaraan yang hilang, tambah Asep, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Sumedang untuk menindaklanjutinya.

"Nantinya bagi pemegang kendaraan yang hilang, kemudian belum dilaporkan maka itu berarti harus ditindaklanjuti dengan Tuntutan Ganti Rugi dan nantinya ada sidang ganti rugi. Makanya tadi juga saya sudah melakukan koordinasi dengan inspektorat," tegasnya.

Adapun jumlah seluruh kendaraan, baik roda 2, 3, 4 dan 6 milik Pemda Sumedang, yaitu berjumlah sekitar 3000 kendaraan.

"Untuk pengecekan sendiri baru dimulai pada hari senin 24 Februari kemarin. Sehingga belum secara keseluruhan dicek. Insyaallah nanti kalau sudah dilakukan pengecekan secara keseluruhan akan terdata, berapa kendaraan yang ada, hilang. Dan dengan pengecekan ini juga bisa diketahui berapa kendaraan yang layak pakai dan yang sudah tidak layak pakai," tandasnya. **