Kota, KORSUM.NET - Dua Pejabat Sumedang dilaporkan belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan Rabu (12/2) di aula Korpri.

Dikatakan, laporan harta kekayaan penyelenggara negara merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang No 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Yang dimaksud dengan penyelenggara negara  yang menjalankan fungsi eksekutif, legislatif , atau yudikatif dan pejabat lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku yang berlaku." Ujarnya.

Dalam perjalanannya masih terdapat indikasi adanya ketidak patuhan penyeleggaraa terhadap pelporan LHKPN dimana kepatuhan LHKPN tahun 2018 di Kabupaten Sumedang adalah 97.62 persen atau masih ada dua pejabat yang belum melaporkan LHKPN, dan menjadi catatan evalusi KPK RI. Saya akan memberikan funishment kepada dua pejabat tersebut jika tidak segera menyerahkan LHKPN," tegas Wabup.

Lebih jauh ia menghimbau berkenaan dengan hal tersebut untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan integritas selaku ASN.

"Mari kita samakan persepsi, bahwa dalam bentuk apapun korupsi adalah kejahatan yang bertentangan dengan hukum baik hukum negara dan agama." Katanya.

"Mari kita tingkatkan integritas selaku ASN dan kita harua bisa menjaga marwah kita sebagai pelayan masyarakat yang anti KKN. Khusus bagi pejabat yang belum dahulu belum menyerahkan LHKPN untuk segera merubah mindset bahwa kepatuhan terhadap atauran menjadi salahsatu indikator kita anti KKN. Jika masih ada yang menolak untuk melaporkan, saya tugaskan kepada Inspektur untuk segera membuat laporan kepada saya untuk diberikan tindakan lebih lanjut,"pungkasnya.

Sementara Inspekstur  Sumedang H. Subagio membenarkan ia mendapat perintah langsung  dari Bupati dn Wakil Bupati." Iya benar saya mendapat peritah langsung dari beliau untuk menindaklanjuti apa yang ditugaskan kepada saya,"Jelasnya usai kegiatan Bimtek pelaporan LHKPN 2020 di Aula Korpri Sumedang**