Kota, KORSUM.NET - Berbagai macam aspirasi disampaikan masyarakat Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kepada Anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi.

Politisi Partai Amanat  Nasional itu mengatakan, telah menyerap seluruh aspirasi warga Sumedang melalui Reses DPRD Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu.


“Aspirasi warga cukup banyak. Seperti permasalahan ekonomi masyarakat berbasis koperasi syariah, pembangunan irigasi untuk pengairan sawah, fasilitas Posyandu, infrastruktur jalan, serta pembangunan madrasah,” terang Dudi Kamis, (20/2) di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang.

Anggota Komisi 1 itu menegaskan, terdapat satu aspirasi yang cukup menyedot perhatiannya. Itu tak lain persoalan bank emok yang kian menjamur.

“Kita sudah koordinasi dengan Pemerintah daerah dan Pemerintahan Desa untuk hal itu. Pemdes bisa memfasilitasi lewat Pemberdayaan Bumdes dan simpan pinjam kepada yang lebih umum,” ujarnya.

“Ada Bumdes sebetulnya sudah cukup. Tapi memang belum maksimal. Jadi nanti akan dikembangkan lagi lewat simpan pinjam. Untuk teknisnya nanti dikomunikasikan lagi dengan Pemdes,” sambungnya.

Aspirasi yang diserap dalam Reses ,  menjadi masukkan untuk program tahun 2021 mendatang. “Apa yang kita serap dalam Reses waktu lalu, akan berupaya direalisasikan. Skala prioritas yang kita ambil. Permasalahan bank emok juga harus segera diatasi," jelasnya**