Jatinangor, KORSUM.NET - Kepala sekolah sebagai puncak tertinggi dalam pengelolaan sekolah diharapkan dapat membentuk SDM yang berkualitas baik secara keilmuan dan budi pekerti.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Harian Umum Pikiran Rakyat (PR) menggelar  Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas Manajerial Kepala Sekolah dengan Tema "Menuju Pendidikan berkualitas untuk mewujudkan Sumedang Simpati 2023" yang diikuti oleh kepala sekolah mulai dari tingkat TK sampai SMP.

Seminar yang bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir yang didampingi Sekretaris  Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Rabu (26/02/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin dalam laporannya mengatakan, seminar  terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan  HU Pikiran Rakyat serta didukung oleh Pegadaian, Bank bjb, dan RSUD Sumedang

"Seminar dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas menajerial Kepala Sekolah dengan 700 peserta yaitu Kepala SD, Kepala SMP  dan sebagian Kepala Kelompok Bermain dan TK," ungkapnya.

Ia menerangkan lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang seluruhnya berjumlah 1.705 lembaga atau satuan pendidikan, meliputi 925 PAUD termasuk di dalamnya ada TK dan Kober, 602 SD, 119 SMP, dan 59 program kesataraan.

"Oleh sebab itu, yang hadir di kesempatan ini kurang lebih 45% dari total kepala lembaga atau satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Ia berharap seminar tersebut  menjadi tonggak sejarah kebangkitan pendidikan di Kabupaten Sumedang karena merupakan kesempatan langka menghadirkan begitu banyak kepala sekolah dalam satu ruangan. 

"Ini ikhtiar kita untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Sumedang di masa sekarang dan yang akan datang," ujarnya.

Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Bandung Januar P Ruswita dalam sambutannya mengatakan, kerja sama tersebut adalah salah satu bentuk dari apa yang lebih dikenal dengan Pentahelix.

"Di dalamnya ada pemerintahan, para pengusaha, akademisi, komunitas, dan media. Di situlah Pikiran Rakyat sekarang memberikan peranan bersama-sama stakeholder lainnya untuk mengadakan suatu kegiatan seperti sekarang ini," tuturnya.

Hal tersebut menurutnya merupakan bentuk tanggung  jawab moral kepada publik bagaimana suatu kegiatan yang positif bisa disosalisasikan dengan baik dan bisa sampai ke masyarakat.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam arahannya mengapresiasi  setinggi-tingginya atas Seminar Nasional yang digagas Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Pikiran Rakyat, Pegadaian Syariah, Bank bjb.

"Terima kasih Pak kadis dan jajarannya. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat, makna dan dampak yang baik dengan meningkatnya kapasitas  kepala sekolah," tuturnya.

Dikatakan bupati lebih lanjut, ketika kapasitas kepala sekolah sudah meningkat, maka akan berdampak kepada meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Sumedang. Oleh karena itu, semua peserta diminta bersungguh-sungguh mengikuti seminar.

"Kegiatan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh karena  memberikan dampak positif. Pasti ada sesuatu yang baru yang kita dapatkan sebagai bekal untuk dipraktikkan  dalam menjalankan tugas- tugas kita," tuturnya.

Permasalahan Kabupaten Sumedang berkaitan dengan pendidikan, lanjut bupati, adalah rata- rata lama sekolah yang baru mencapai 8.02 tahun.

"Berarti orang Sumedang rata-rata yang usia hanya sampai kelas 2 SMP," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang turut membantu pemerintah agar warga Sumedang bisa lebih lama usia sekolahnya.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan MOU Kerja Sama di bidang pendidikan antara Pemerintah  Kabupaten Sumedang dengan PT. Pegadaian Persero, dan dengan PT. Pikiran Rakyat.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Bantuan dari Pegadaian untuk renovasi SD Sukamulya Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara sebesar Rp 20.000.000 yang diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan yang disaksikan oleh Bupati Sumedang.**