Sumedang, Korsum.net - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, kembali mendapat hibah dua mobil Bus Wisata Tampomas (Trans Moda Pariwisata Masyarakat Kota Sumedang) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Berbeda dengan satu Mobil Tampomas yang sebelumnya, kedua mobil Tampomas yang baru diterima Dishub Kabupaten Sumedang ini, rencananya akan berkontribusi terhadap Penghasil Asli Daerah (PAD).

Kepala Bidang Angkutan pada Dishub Kabupaten Sumedang, Risyana mengatakan, saat ini pihaknya kembali mendapat hibah dua mobil Tampomas dari Pemprov Jabar. Berbeda dengan Mobil Tampomas yang sudah dihibahkan sebelumnya, kedua mobil Tampomas kali ini kedepannya akan memberikan kontribusi ke PAD Kabupaten Sumedang.

"Kalau bus Tampomas yang pertama kan, hibahnya ke Organda. Nah untuk yang dua ini, dihibahkan ke Dishub Kabupaten Sumedang. Jadi kedepannya akan menghasilkan PAD," ucapnya saat dikonfirmasi Korsum.net, di ruang kerjanya, Kamis (5/3).

Namun untuk saat ini, sambung Risyana, kedua mobil ini belum dihibahkankan secara resmi oleh Pemprov Jabar.

"Kemarin kita kedatangan kedua mobil ini, hanya saja baru sekedar didistribusikan saja. Belum ada pelimpahan hibah secara resmi. Dan plat kendaraannya juga masih berplat merah. Jadi belum bisa dioperasikan untuk komersial," ujarnya.

Lebih jauh Risyana mengatakan, untuk kedua mobil Tampomas ini, rencananya akan dikelola oleh pihak ketiga. Dan untuk menentukan siapa pihak ketiga yang mengelola kedua Bus tersebut, kedepan kita akan mengadakan Beauty contest untuk pihak ketiga.

"Tetapi sebelumnya kedua mobil Tampomas ini juga akan kita ubah statusnya, dimana yang tadinya Plat merah akan kita ubah ke plat kuning. Prosesnya nanti, setelah kita menerima surat hibah dari Provinsi," tegasnya.

Risyana berharap, dengan adanya kedua mobil Tampomas ini, bisa berdampak tehadap meningkatnya PAD Kabupaten Sumedang. Untuk itu kita sudah membuat rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pengelolaan Penyelenggaraan angkutan orang umum dalam trayek khusus kawasan wisata.

"Untuk penempatannya, rencananya akan ditempatkan di sekitar obyek wisata yang ada di Sumedang," tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Bagian Pengelolaan Barang Daerah (PBD) pada Setda Sumedang, Asep D Darmawan membenarkan, terkait keberadaan kedua mobil Tampomas tersebut.

Nantinya, imbuh Asep, mobil tersebut akan dihibahkan ke Pemerintah Daerah Sumedang dari Pemprov Jabar.

"Nanti setelah resmi dihibahkan dari Pemprov Jabar, untuk pengelolaannya akan diserahkan ke Dishub Sumedang," tandasnya.**