Kota, KORSUM.NET - Puluhan guru, Kepala Sekolah dan pengawas mengikuti kegiatan lomba Gurpres, Kepala sekolah dan Pengawas tingkat Kabupaten. Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama satu hari di SDN Tegalkalong Sumedang.

Menurut kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin melalui Kabid SD E.Mapudin R mengatakan, kegiatan tersebut sesuai amanah undang-undang. Pasalnya guru, kepsek dan pengawas pendidikan merupakan sosok tokoh yang menjadi teladan di masing-masing lembaganya.

"Sesuai dengan UU RI nomor 20 Tahun  2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 20 yang menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga propesinya. Maka  yang diberiakan kepercayaan presrtasi kepada mereka."Jelasnya Senin(2/3/2020)di tempat aktivitasnya.


Dikatakan, Mengingat pentingnya peran guru, Kepsek dan pengawas sekolah berprestasi dalam meningkatkan profesinya . Maka sudah sepantasnyalah kepada guru, kepsek dan pengawas diberikan penghargaan yang layak.

"Sistem penghargaannya sala satunya dalam bentuk pemilihan guru, Kepsek dan pengawas berprestasi yang dilakukan secara ketat, transparan dan terukur." Tambahnya

Lebih jauh ia mengatakan, mereka dapat membawa harum nama Sumedang di tingkat provinsi maupun nasional.

"Gurpres, Kepres dan Pengawaa bisa membawa nama baik kabupaten Sumedang ditingkat propinsi dn nasional, seperti prestasi yang yang permah diraih pada tahun lalu beberapa Kepsek  dan pengawas  masuk tingkat propinsi hingga ke tingkat nasional seperti Ibu Wawat juara Kepres dan  Dadang dari Pengawas masing-masing menjadi juara ditingkat nasional." Pungkasnya**