Kota, KORSUM.NET – Ratusan guru dari Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) sederajat mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang pada Rabu,(04/03/2020).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Agus Wahidin melalalui Kepala Bidang Sekolah Dasar, E. Mapudin R mengatakan, agenda tersebut dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui olimpiade yang dijadwalkan berlangsung selama satu hari.

“Kegiatan OGN ini diikuti oleh 156 peserta. Masing-masing kecamatan mengirimkan sebanyak 6 orang perwakilan sekolah dasar. Dan diharapkan mereka menjadi guru yang profesional dan berprestasi, siap membina anak didik dan memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Sumedang” katanya.

Tak hanya tingkat kabupaten/kota, lanjutnya, setelah olimpiade ini para peserta juga didorong untuk bisa mengukir prestasi, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Semoga bisa memotivasi untuk bersaing ke tingkat selanjutnya, serta bisa menjadi guru yang berprestasi,” harapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, salah satu indikator untuk mengukur profesionalsme dan pedagogik guru.

“Salah satu bentuk lomba untuk mengukur profesionalisme dan pedagogik guru . Sebab Menjadi guru bukan hanya sekedar menstransper ilmu ke peserta didik namun dituntut lebih meningkatkan kopetensi profesional dan pedagogik guna meningkatkan mutu pendidakan .  Mengikuti OGN ini bukan untuk mencari juara semata namun juga sebagai ajang mengukur kemampuan diri," Jelasnya

Ia berharap OGN menjadi motivasi guru untuk selalu berinovasi untuk kemajuan dunia pendidikan."


Saya berharap kegiatan ini menjadi ajang kompetisi para guru. Mudah-mudahan menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dirinya sebagai guru untuk berinovasi dalam bertugas secara profesional dengan Penguasaan perangkat pembelajaran,teori belajar, dan model pembelajaran senantiasa di tingkatkan," pungkasnya**