Sumedang, Korsum.net - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang, menjanjikan pembangunan Ruang Kegiatan Belajar (RKB) kelas jauh SMPN 1 Tanjungmedar.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras) Disdik Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar mengatakan, pihaknya telah mendampingi kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang ke SMPN 1 Tanjungmedar.

Dimana hasil kunjungan tersebut terdapat beberapa poin, yang akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sumedang, untuk mempercepat proses alternatif usulan siswa siswi SMPN 1 Tanjungmedar kelas jauh/filial.

"Untuk pengadaan lahannya, rencana lokasi sekolah sudah ada dan akan dilakukan komunikasi dg pihak pemilik lahan. Dan untuk pertemuan dengan pemilik lahan, nantinya akan ditindaklanjuti oleh sekolah, komite, Desa dan juga oleh Disdik. Sekaligus untuk pembangunan RKB-nya, yang direncanakan akan diusulkan di APBD Murni 2021," ucapnya.

Adapun rencana pengadaan lahan dan pembangunan RKB kelas jauh SMPN 1 Tanjungmedar tersebut, sambung Eka, akan mendapatkan penguatan dari Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang.

"Untuk kebutuhan anggarannya, kita masih tahap penghitungan, dan yang pasti kita akan usulkan di APBD Murni 2021," tandasnya.

Seperti diberitakan Korsum.net sebelumnya, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, mensurvei langsung lokasi kelas jauh SMPN 1 Tanjungmedar, Selasa (4/3).

Upaya tersebut dilakukan, sebagai bentuk perhatian langsung dari, Anggota Komisi III, DPRD Kabupaten Sumedang. Pasalnya,  masih banyaknya fasilitas yang kurang memadai, seperti toilet siswa, ruang belajar, serta ruang guru. Bahkan di SMPN Jingkang, ruang kelas jauh masih menempel dengan di koprasi guru yang kondisinya hampir ambruk.

Menurut Anggota Komisi III, DPRD Kabupaten Sumedang, Edi Ashari bahwa, pihaknya sangat prihatin dengan kondisi sekolah di SMPN Jingkang kelas jauh. Untuk itu pihaknya akan segera mengusulkan untuk membangun bangunan SMPN yang baru.

"Kondisi bangunannya sangat memprihatinkan, kita sengaja menghadirkan Kabid Sarpas Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, untuk segera merancang langkah langkah kedepan, untuk segera membangun fasilitas gedung, atau ruang kelas yang memadai untuk berdirinya SMPN jingkang kelas jauh ini," ungkapnya

Lebih jauh Edi mengatakan, ada beberapa alternatif lahan, yang direncanakan untuk pembangunan SMPN Jingkang kelas jauh yang baru.

Selain itu, ada beberapa hal yang sudah jadi kesepakatan, dan alternatif lahan yang akan di bangun juga sudah ada. Dimana lokasinya sangat strategis.

"Mudah-mudahan untuk tahun anggaran 2021 sudah bisa di bangun. Karena bangunan ini nempel di koprasi guru, jadi kita akan agendakan pembangunan sekolah." jelasnya. **