Kota, KORSUM.NET -  Kementerian Perhubungan atau Kemenhub akan mengganti buku uji kendaraan atau biasa disebut KIR dengan kartu pintar yang diberi nama Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) sebagai pengganti bukti uji kendaraan pada tahun 2020 untuk seluruh Indonesia.

"Penggantian tersebut untuk menghindarkan pemalsuan buku KIR dan kartu pintar itu kemungkinan tidak bisa dipalsukan. Jadi cukup dengan kartu pintar sebagai pengganti buku KIR,"ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang H.Suris melalui Kepala UPT Pengujian Sule Sulaeman saat dikonfirmasi Media ini, Senin 2/3/2020.

Selain itu, Kata Sule, menggunakan kartu pintar akan lebih efektif, data lengkap kendaraan ada didalam kartu pintar tersebut, cukup dengan melihat barcode nya data lengkap kendaraan akan muncul.

"Saat ini sedang memasang aplikasi BLUe, ketika nanti akan mulai di terapkan tentunya sesuai dengan petunjuk kepala dinas akan di launching kan oleh pak Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir. Program BLUe ini adalah program Kemenhub yang harus di terapkan oleh semua Provinsi dan Kabupaten/kota,"jelasnya.