Sumedang, KORSUM.NET - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, melakukan Pengawasan Ke Desa Cijeler, Kecamatan Situraja, Terkait Pilkades Serentak yang akan digelar pada 8 April mendatang.

Ketua komisi I DPRD kabupaten Sumedang, Asep Kurnia mengatakan, kunjungannya ke Desa Cijeler, merupakan dalam rangka memberikan masukan kepada para calon kepala desa. Agar menjadi  pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi desa.

"Kita harus memberikan kepastian bahwa penyelenggaraan Pilkades ini harus dilandasi dengan kesadaran warga masyarakat untuk memilih pemimpinnya dengan ikhlas, dengan benar-benar memilih bibit bebet bobotnya. Jadi dalam memilih pemimpin,  jangan hanya pertimbangan materi, uang, tapi benar-benar yang kualitas. Demi kemajuan desanya," kata pria yang akrab dipanggil kang Akur ini, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, usai melakukan pengawasan Pilkades Serentak di Desa Cijeler Kecamatan Situraja, Kamis (5/3).

Selain itu, sambung Akur, komisi I juga mendorong agar pemerintah daerah khususnya pemerintah kecamatan dan desa, melakukan langkah-langkah supaya mendidik pemilih menjadi pemilih yang cerdas.

"Karena dengan pemilih yang cerdas akan menjadikan pemilu pemilu yang berkualitas, pemilu yang berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang berintegritas, pemimpin nu nyaah ke masyarakat," tegasnya.

Akur menambahkan, timses (tim sukses) calon kepala desa, bisa juga menjadi pemicu keributan, jika tidak adanya pengetahuan terhadap peraturan yang ada.

"Tentu dengan ketidak pahaman terhadap aturan, bisa jadi penyebab keributan. Jadi seolah-olah penegakan peraturannya kurang. Miisalnya, kesini tegas ke sini tidak, ya kalau seperti itu kemudian bisa menjadi kecemburuan sosial, Bisa saja kalau kemudian tidak dibarengi dengan pengendalian dari calonnya bisa  kemudian tidak produktif. Saya lihat warga  sekarang sudah cerdas, timsesnya berkualitas, pemilihnya cerdas, Saya yakin kepada Kepala desa terpilih akan bisa memajukan desanya. Desa maju kecamatan maju , Sumedang simpati cepat terwujud," harapnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Ketua Panitia Pilkades Cijeler, Ujang Sulaeman mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari tahapan-tahapan pilkades sampai sosialisasi aturan pilkades serentak ke masyarakat.

"Insya Allah panitia sudah siap. Setiap tahapan selalu ada berita acaranya komplit dengan tanda tangannya. Kami juga selalu berpesan tehadap para calon Kades untuk terus menjaga silaturahmi antar sesama calon," ungkapnya.

Hingga saat ini, sambung Ujang, pihak panitia Pilkades Serentak, sudah menyelesaikan tahapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Dimana, sudah terdaftar 2.553 DPS. sesaui dengan jadwal. Dan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), akan ditetapkan  Pada 27 Maret mendatang. Selain itu juga, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 7 titik Desa Cijeler.

Ujang juga mengungkap, dengan kedatangan Komisi I ke desa tersebut merupakan kehormatan bagi pihaknya, karena pihaknya  mendapatkan berbagai pelajaran dari para anggota DPRD khususnya Komisi I ini.

"Banyak sekali manfaatnya ketika ada permasalahan di sini ditanggapi, mendapat ilmu tentang berbagai aturan. Termasuk bagi Calon, tadi diberi pemahaman,  harus bagaimana saat sudah menang nanti," tandasnya. **