Sumedang, KORSUM.NET - Banjir terus menghantui wilayah di Kabupaten Sumedang, kali ini terjadi di Dusun Sukawangi Desa Tanjungmekar Kecamatan Tanjungkerta, yang menimpa Sekolah Menengah Atas (SMA) Pesantren Darul Hikmah, dan Hampir seluruh ruangan terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter, akibat luapan air sungai Cikandung, Selasa (10/3/2020).

Selain terendam banjir, atap pesantren tersebut juga mengalami kerusakan, akibat dari tumbangnya pohon yang berada tidak jauh dari lokasi pesantren Darul Hikmah tersebut.

Menurut Tim Unit Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (URC BPBD) Kabupaten Sumedang, Andri hermawan mengatakan, curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Tanjungkerta dari sekitar  Pukul 17:00 WIB hingga Pukul 19:00 WIB, mengakibatkan meluapnya air dari sungai Cikandung yang berbatasan langsung dengan Pesantren Darul Hikmah.

"Akibatnya, banjir dengan ketinggian 50 sentimeter merendam hampir seluruh ruangan kelas SMA Pesantren Darul Hikmah, kejadian tersebut diperparah dengan tumbangnya pohon jenis rembesi yang mengenai atap pesantren," kata Andri pada Korsum.

Atas kejadian tersebut, sambung Andri, tim Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang beserta Polsek, Koramil Tanjungkerta, PMI dan para santri, langsung melakukan evakuasi barang berharga milik Pesantren tersebut, dan melakukan penyedotan air dan  pembersihan material lumpur yang menggenang pesantren tersebut.

"Selain itu juga, saat ini sedang dilakukan penebangan pohon yang menimpa atap pesantren tersebut," tuturnya.

Andi menegaskan, hingga saat ini pembersihan material lumpur dan penebangan dahan pohon yang menimpa atap pesantren, masih berlangsung dibantu oleh masyarakat.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut," ucapnya. **