Kota, KORSUM.NET - Untung saja ada aksi Pawang Hujan hingga hujan tak jadi turun. Jika tidak?, dipastikan pengunjung peresmian Alun-Alun Sumedang ini bubar karena diguyur hujan. Demikian yang dilontarkan salah seorang mengunjung ketika acara peresmian akan dimulai.

Sore itu depan gedung negara, Sabtu (14/3) langit tampak mendung berawan hitam pekat disertai suara gemuruh petir pertanda hujan akan turun. Namun kondisi cuaca seperti itu, tidak menyurutkan antusias ratusan pengunjung yang ingin menyaksikan acara tersebut.

Pantauan media ini, ditengah keramaian, tampak sesosok lelaki tua dengan tongkat ditangan mundar-mandir mengelilingi seputar arena panggung peresmian sambil acung-acung tongkatnya ke langit. "Nah itu orangnya Pawang Hujan, " kata pengunjung sambil menunjuk ke lelaki tua itu.

Meskipun dibawah ancaman hujan, bahkan kedatangan Gubernur Jabar sempat disambut hujan rintik-rintik. Namun gelaran peresmian alun-alun berlangsung cukup meriah dengan tampilan seni tari khas Sumedang yakni Tari Umbul.

Disaat hujan rintik, aksi sang pawang semakin gencar dengan terus menerus mengacung-ngacungkan tongkatnya ke langit. Anehnya, hujan pun berhenti seketika maka acara semakin meriah.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam sambutannya menyebut Sumedang sebagai tempat wisata, salah satunya Alun-Alun Sumedang yang menataannya kado dari Gubernur Jabar.

Bupati juga mengingatkan agar waspada akan wabah Virus Corona dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Oleh sebab itu kata bupati, masyarakat harus lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran.

Kata yang sama disampaikan Gubernur Ridwan Kamil bahwa masyarakat agar lebih hati-hati akan wabah Corona yang saat ini semakin merebak. Dalam kesempatan itu juga, gubernur membagi-bagikan hadiah kepada para pengunjung.

Ketika acara usai, akhirnya hujan pun turun dan para pengunjung langsung berlarian ke tempat teduh. "Mungkin acara ini dianggap selesai sehingga si Pawang Hujan tak lagi beraksi maka hujan pun turun, " celetuk pengunjung tersebut.**


Baca Juga : Wowo! Ada Batu Granit Dari Cina di Pembangunan Alun-Alun Sumedang