Sumedang, KORSUM.NET - Pemerintah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, memfasilitasi warganya yang bernama Nedi (37) atau lebih dikenal dengan sebutan Si Rawing, yang mengalami gangguan kejiwaan atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)
untuk berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jl. Cisarua - Pasir Calung Jl. Kolonel Masturi, Jambudipa, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (4/3).

Kepala Desa Sukajaya Nenden Dewi Raspati mengatakan, upaya tersebut dilakukan karena Nedi sering meresahkan masyarakat dan kerap membawa senjata tajam.

"Tentunya, sebagai pemerintah Desa, kita mempunyai kewajiban untuk memperhatikan warganya. Terlebih akhir - akhir ini Nedi sering meresahkan warga. Bahkan informasinya sudah ada korban akibat ulahnya," ucap Nenden pada Korsum.net.

Menurut Nenden, Nedi merupakan warga Babakan Gunung Gadung Desa Sukajaya, yang sudah lama mengalami gangguan kejiwaan. Dan menurut informasi warga Nedi mengalami gangguan kejiwaan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

"Ini yang pertama kalinya dibawa berobat, setelah sejak lama mengalami gangguan kejiwaan. Mudah-mudahan hasil dari pengobatan ini bisa ada perkembangan bagi Nedi. Selain itu juga warga tidak lagi resah dengan keberadaannya," ucapnya.

Nenden menambahkan, untuk biaya perawatan Si Rawing, saat menggunakan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah).

"Alhamdulillah, untuk Jamkesda juga kemarin sudah jadi. Dan saat ini kami beserta unsur lainnya di Pemerintah Desa Sukajaya beserta Satpol PP sedang mengantar ke RSJ Cisarua," tandasnya. **