Sumedang, KORSUM.NET - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang, berharap agar Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang. Segera mengambil langkah kongkrit terkait penyebaran virus COVID-19, terhadap para pelaku usaha.

Ketua PHRI Kabupaten Sumedang, Nana Mulyana mengatakan, terkait adanya virus, seharusnya Disparbudpora sumedang segera mengambil langkah kongkrit, dengan mengumpulkan para palaku usaha seperti PHRI, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan para General Manager Hotel yang berada di Kabupaten Sumedang, untuk dilakukan sosialisasi mengenai COVID-19.

Pasalnya, Hotel dan perjalanan wisata menjadi pintu masuk dari kedatangan orang orang berpotensi membawa virus COVID-19.

Selain itu, seharusnya segera dibuat Satgas dan Crisis center yang ditempatkan di hotel - hotel untuk mendeteksi para tamu yang datang ke hotel.

"Sehingga, ketika datang tamu ke hotel itu sudah disiapkan satgas dan alatnya untuk mendeteksi, terutama tamu yang terlihat sudah ada terganggu kesehatannya. Nantinya akan terkoneksi langsung dengan crisis center tersebut," kata Nana pada Korsum, Kamis (12/3).

Disparbudpora juga, sambung Nana, seharusnya membuat langkah sosialisasi terhadap pelaku usahanya dan juga masyarakat. Agar tidak panik.

"Jadi bukan hanya diem saja, tetapi juga harus berupaya bagaimana melakukan pencegahan melalui sosialisasi," ucapnya.

Nana menyebutkan, akibat corona sendiri, di Jawa Barat tingkat okupansi Hotel hanya mencapai 30 persen saja. Sedangkan di Sumedang, karena jarang kedatangan tamu dari Luar Negeri, kondisi ini tidak begitu banyak berpengaruh.

"Kalau Sumedang masih, sih masih jarang tamu dari luar negeri. Jadi hingga saat ini pengaruhnya hampir tidak ada. Untuk itu saya berharap Disparbudpora segera mengambil langkah kongkrit," kata Nana menegaskan.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada jawaban resmi dari pihak Disparbudpora Kabupaten Sumedang. Dan ketika dikonfirmasi melalui pesan instannya, Kepala Disparbudpora Hari Tri Santosa, menjawab kalau dirinya sedang rapat persiapan Launching.

"Lagi mimpin rapat, persiapan launching," jawabnya singkat. **


Baca Juga : Waspadi COVID-19, Tim Pora Cisitu Periksa WNA Asal Cina