Tanjungkerta, KORSUM.NET - Hujan lebat di wilayah Kabupaten Sumedang yang mengakibatkan terjadinya bencana longsor. Kali ini terjadi di Dusun Gunungdatar Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta di beberapa titik terutama wilayah Rt 04/05, terjadi pada Selasa lalu (10/3) sekira jam 17.00.

Bahkan, salah satu rumah warga bernama Atang Utay terancam tergerus longsor.

Menurut Iskandar, ketua Rt.04/05, Kamis (12/3), di kediamannya, bahwa terjadinya longsor ketika hujan lebat pukul 17.00 wib.

"Jalan tersebut status jalan Kabupaten yang seharusmya dibuatkan TPT, ternyata dari batas Desa Cipanas sampai Dusun Gembong berbatasan dengan Desa Cigentur belum di buatkan TPT, sedangkan wilayah Gunungdatar langganan bencana longsor," ucapnya.

Menurut Enok Sumarni, Kepala Desa Gunturmekar,  membenarkan telah terjadi bencana longsor setelah mendapat laporan seketika itu datang ke TKP sedang dalam keadaan masih turun hujan.

"Langkah selanjutnya mengerahkan masyarakat secara manual untuk membersihkan tanah dan untuk selanjutnya di Rt 04/05 Dusun Gunungdatar sepakat akan dibuatkan TPT," pungkasnya.**