Situraja, KORSUM.NET – Upaya mencegah peyebabaran virus Corona khususnya di wilayah Desa Sukatali Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang, Desa Sukatali membentuk Tim Desa Siaga Covid 19.
“Anggota tim Desa siaga terdiri dari Kader Desa Siaga, Pemdes, BPD, Karang Taruna, Limnas, Babinsa, Babinkamtibmas, Bidan Desa dan Kader Posyandu. Tugasnya, mensosialisasikan pada warga Desa Sukatali tentang bahaya virus Corona/Covid 19 dan cara pencegahan penyebarannya.” Kata Ketua Satgas Desa Siaga Sukatali Zulfikar Rabu (25/3) di tempat aktivitasnya.
Dikatakan Ketua tim Satgas Desa siaga yang didampingi Kades Sukatali Edi Sujana sebagai penanggung jawab ini tak henti-hentinya mengimbau dan mengingatkan warga akan bahaya Covid 19.
“Meskipun pengatahuannya terbatas tentang virus Corona, namun dengan niat yang tulus dan ikhlas semua dikerjakannya dengan niat ibadah dan membantu pemerintah. Karena biar bagaimana pun ini sudah merupakan kewajiban kita semua untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam memerangi Covid 19,” jelasnya.
Lebih jauh ia mengatakan, penyemprotan disinfektan sudah dilakukan oleh pihak Pemdes dengan pihak Puskesmas situraja serta bekerja sama dengan pihak Kecamatan.
“Kami berupaya semua sarana ibadah dan fasilitas umum yang ada di Kecamatan Situraja disemprot.” katanya.
Lebih jauh Kades Sukatali Edi Sujana saat ditemui di tempat aktivitasnya mengatakan, pihaknya bekerja menindak lanjuti imbauan pimpinan berkenaan dengan penanganan Covid 19 ini. Untuk mencegah penyebaran Covid 19 ini, tentunya berbagai upaya harus dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan Tim Desa Siaga ini. Maka dengan demikian masyarakat akan tahu apa yang harus dilakukannya agar tidak terpapar Covid 19.
Untuk itu, lanjut dia, pihaknya bersama Tim Desa Siaga dibantu satgas berkeliling ke setiap sudut wilayah Desa Sukatali. Tujuannya untuk mensosialisasikan hidup sehat dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setelah beraktivitas. Selain itu, juga mengingatkan masyarakat untuk sementara waktu tidak berpergian atau berkunjung ke tempat keramaian.  
“Dan kalau ada warga disinyalir sakit yang menyerupai gejala Covid 19 agar segera memeriksakan diri dan jangan lupa menggunakan masker atau bisa menghubungi Posko yang sudah disiapkan pemerintah serta yang lebih penting jangan panik tetap waspada serta perbanyak beribadah dan berdoa,”  pungkasnya.**