Sumedang, KORSUM.NET - Situasi dan kondisi terkait penyebaran COVID 19 pada tanggal 22 Maret 2020 di Kabupaten Sumedang perlu diwaspadai. Saat ini ada 1 (satu) orang yang teridentifikasi Positif COVID-19.

“Yang bersangkutan terpapar COVID-19 di Bandung, dikonfirmasi ke Sumedang karena KTP dan domisilinya di Kecamatan Sumedang Selatan. Kondisi yang bersangkutan terlihat sehat dan tidak menunjukan gejala sakit, tetapi berdasarkan hasil test positif. Sekarang sudah diisolasi di RSUD Kabupaten Sumedang”. Ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pada Minggu (22/3/2020) saat Jumpa Pers di Gedung Negara yang didampingi oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres dan Dandim 0610 Sumedang.

Selanjutnya, tambah Bupati dapat kami laporkan perkembangan lengkapnya yaitu Positif COVID-19 1 (satu) orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 (satu) orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP)sebanyak 986 orang

“Lonjakan ODP terjadi karena teridentifikasi adanya warga di beberapa kecamatan (yang paling banyak Kecamatan Cisarua, Kecamatan Paseh, Kecamatan Wado, Kecamatan Jatigede dan Kecamatan Ujungjaya) yang bermata pencaharian di Jakarta (luar kota) pulang kampung”. Tambah Bupati


Menurut Bupati Saat ini warga masyarakat dimaksud dikarantina di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Pemantauan dilakukan oleh Petugas Puskesmas bekerjasama dengan Camat, unsur Forkopimcan dan jajaran Pemerintah Desa.