Kota, KORSUM NET - Diperkirakan tahun ini, giliran pasar Tanjungsari akan direvitalisasi atau dibangun kembali ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Bahkan rencananya, akan disaint bangunan bergaya ornamen 'Julang Napak'.

Hal itu disampaikan Sekretaris Disperindag Deni Tandrus diruang kerjanya, Rabu (11/3). Kata dia, Desember 2020 harus 'dead-lain' pasar Tanjungsari dengan anggaran Banprov Jabar sekitar Rp 15 miliar.

"Rencana tersebut bisa terlaksana apabila persyaratannya sudah terpenuhi. Saat ini sedang diproses Dinas Perkim, " jelasnya.

Disebutkan, ada 10 kabupaten/kota yang mendapat Banprov Jabar untuk merevitalisasi pasar masing-masing Rp 15 miliar termasuk pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang.

"Dengan istilah gubernur " Pasar Juara". Artinya, juara lahir bathin sehingga bukan saja fisiknya saja, tapi bathinnya juga juara. Dari Rp 15 miliar itu, untuk konstruksi Rp 13,5 miliar dan sisanya untuk biaya perawatan, "tandasnya.

Dijelaskan, revitalisasi pasar juara yang SNI itu tidak mutlak tempat jual beli, tapi harus ada sarana bermain yang Fasum Fasosnya disesuaikan. Sedangkan desaint ornamen julang napak  disesuaikan budaya Sumedang.

Sebenarnya ungkap Deni, jika merevitalisasi pasar Tanjungsari dibutuhkan dana Rp 49 miliar berdasarkan DED Kabupaten Sumedang. Tapi dana Pemprov hanya Rp 15 miliar, maka yang akan dibangun hanya 154 kios dari jumlah 670 kios sehingga akan berkelanjutan.

" kios yang akan dibangun ini tidak diperjual-belikan kepada warga pasar, tapi akan gunakan sistem hak guna pakai sesuai Perda no. 3 tahun 2018, "katanya.

Ditempat terpisah, Kepala UPT pasar Tanjungsari Amung menyebutkan, rencana revitalisasi pasar ini, disambut positif warga pasar yang akan mendapat kios baru.

Meski akan berkelanjutan lanjut Amung, namun dari lingkungan pasar ada sedikit riak cemburu sosial diantara warga pasar yang tidak mendapat kios baru.

Sebab, dari jumlah 670 kios yang ada, hanya 154 yang akan mendapat kios baru sehingga perlu ada sosialisasi kepada warga pasar yang belum mendapat kios baru.**


Baca Juga : Revitalisasi Pasar Tanjungsari, DItargetkan Selesai Tahun ini