Sumedang, KORSUM.NET - Hujan deras yang mengguyur Lingkungan Cilipung Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan, selama kurang lebih 1 jam  mengakibatkan ambruknya Tembok Penahan Tebing (TPT)  SDN Citra Resmi. Akibatnya longsoran TPT tersebut menimpa 1 rumah yang berada di belakang Sekolah tersebut, sekira Pukul 18.00 WIB Rabu (25/3) sore.

Lurah Pasanggrahan Baru, Prama Prameswara mengatakan, longsor tersebut terjadi, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Sumedang Selatan. Dimana dampaknya longsoran dari TPT yang tingginya sekitar 5 meter dan panjang 20 meter tersebut, menimbun rumah milik Indra (28) dan mengancam 1 rumah lainnya, yang letaknya tidak jauh dari area longsor tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut," tuturnya pada Korsum, saat meninjau langsung ke lokasi terjadinya longsor, Rabu (25/3) malam.

Atas kejadian tersebut, sambung Prama, dirinya bersama Tim Pusdalops BPBD kabupaten sumedang, Kanit Intel Polres  beserta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas pasanggrahan baru, Satpol PP kecamatan sumedang selatan serta aparat pemerintah setempat melakukan survey ke lokasi kejadian.

Selanjutnya, mengevakuasi barang berharga milik korban yang rumahnya tertimbun longsoran dan keluarga korban juga diungsikan ke rumah saudaranya yang lebih aman. Selain itu, pihaknya juga menghimbau untuk tetap siaga jika terjadi hujan kembali.

Adapun kebutuhan yang sifatnya mendesak saat ini, yaitu Terpal, alat untuk kerja bakti dan logistik untuk kerja bakti

"Untuk kerugian, ditaksir mencapai 200 juta. Dan alhamdulillah tadi BPBD merespon langsung dan memberikan bantuan sembako bagi korban," tandas Prama. **