Kota, KORSUM.NET - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Tahun 2020, yang dilaksanakan di Aula Pondokan Hanjuang Hegar, Selasa (3/3).

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai elemen kepemudaan tersebut, dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang DR.H. Dony Ahmad Munir, ST. MM.

Menurut Kadis Parbudpora Harry Tri Santosa, pemuda Indonesia dewasa ini telah banyak kehilangan jati dirinya, terutama dalam hal wawasan kebangsaan dan patriotisme. Oleh karenanya dibutuhkan adanya pemikiran kembali dan penemuan kembali dalam pembangunan karakter bangsa bagi pemuda yang berwawasan kebangsaan dan patriotisme untuk menemukan kembali jati diri bangsa.

Dikatakan Harry, Negara dan bangsa ini memerlukan orang-orang yang berkualitas untuk membangun bangsa untuk memajukan cita-cita perjuangan mencapai tujuan nasional.

"Oleh karena itu diharapkan dimasa depan akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa dan generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air, sebagai salah satu langkah maka diadakan pelatihan ini" ungkapnya.

Sementara itu, Bupati memberikan apresiasi kepada Disparbudpora atas dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif yang akan memberikan kontribusi bagi terbentuknya pemimpin-pemimpin pemuda di masa yang akan datang" ucapnya.

Bupati mengatakan harapannya agar setiap kegiatan apapun dapat dijadikan tempat ataupun ruang untuk belajar.

"Kegiatan ini harus betul-betul dimaknai, sehingga outputnya akan dapat dirasakan, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan terbentuknya jiwa-jiwa kepemimpinan kepada pemuda pemudi di Sumedang ini" harapnya.

Menurut Bupati pelatihan seperti ini akan dapat membentuk kompetensi para peserta, menambah pengetahuan dan akhirnya akan meningkatkan kapasitas peserta.

"Isi kegiatan ini dengan pikiran yang positif, selain itu aktif bertanya, selanjutnya tetap rileks dan santai" imbuhnya.

Berkaitan dengan konteks "Pemimpin", Bupati menambahkan pemimpin merupakan suatu kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain, sehingga bisa melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan organisasi.

"Sementara itu sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin hampir sama dengan sifat-sifat yang dimiliki Rosulullah, yaitu Sidiq, jujur, benar, tabligh, amanah, dan fatonah" ujarnya.

Masih dikatakan Bupati, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yakni, kemampuan mempengaruhi orang lain. Kemapuan untuk memotifasi. Kemampuan untuk mengkomunikasikan. Dan Kemampuan untuk mengajak solidaritas.

"Harapan saya dengan diadakannya pelatihan ini, harus ada follow up nya, dan kalau bisa harus nyambung dengan beberapa program Sumedang Simpati. Salah satunya program One Village One Product, jadi saya harap disamping dapat membentuk jiwa kepemimpinan, dapat juga membentuk jiwa kewirausahaan" pungkasnya

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penandatanganan komitmen para pemuda Sumedang dalam membangun Kabupaten Sumedang.**