Sumedang, KORSUM – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, H. Mulya Suryadi, S.Pd.,M.Kom menilai kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker, ditengah mewabahnya virus Corona atau Corona Disease (Covid-19) masih kurang.
“Ternyata tadi saya melihat sendiri di wilayah Kecamatan Wado, banyak sekali masyarakat yang tidak menggunakan masker. Apakah ini sosialisasi yang kurang, atau masyarakat yang tidak mempunyai masker,” kata politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akrab dipanggil H. Ute ini pada KORSUM, saat membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa berupa masker di Pasar Wado, Kamis (9/4).
Kurangnya kesadaran masyarakat akan menggunakan masker tersebut, sambung H. Ute, tentunya sangat disayangkan ditengah mewabahnya virus Corona saat ini.
“Tentunya kita sangat menyesalkan, karena masih banyak masyarakat yang menganggap dirinya tidak apa-apa dan merasa sehat sehingga tidak menggunakan masker. Makanya tadi saya sambil menyerap aspirasi masyarakat, sekaligus membagikan masker,” ucapnya.
Selain itu, sambung Ute, dirinya juga tadi melihat kesiapan di Puskesmas Wado. Dan ternyata disana masih kekurangan APD.
“Tentunya, kalau di Puskesmas masih kekurangan APD kita menilai sangat riskan. Kasihan para tenaga medis kalau masih kekurangan APD,” ucapnya.
Ute menuturkan, dirinya juga berencana akan meninjau langsung kesiapan Pos Pantau yang berada di perbatasan Sumedang – Garut tepatnya di Desa Cilengkrang.
“Tadi juga banyak informasi dari masyarakat, kalau di jembatan Cimanuk di Wado, sering dipakai nongkrong atau sekedar rekreasi oleh warga yang baru mudik dari daerah luar. Tentu ini sangat riskan dan harus mendapatkan teguran atau himbauan. Kan mereka tidak sadar apakah kedatangannya ke kampung halamannya membawa virus atau tidak,” kata Ute menegaskan.
Ute juga menambahkan, pada kegiatan ini dirinya hanya membagikan masker dan sekaligus menampung aspirasi dari warga. Dan saya menghimbau agar masyarakat mau mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di Rumah dan tidak berkumpul.
“Insyaallah, besok atau lusa saya akan turun lagi ke lapangan untuk memberikan vitamin terhadap masyarakat. Karena yang penting adalah menjaga ketahanan tubuh kita, agar tidak terinfeksi virus,” tandasnya.