Situraja, KORSUM – Pemerintahan Desa (Pemdes) Situraja Utara Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang saat ini sedang membangun perpustakaan terpadu.
Dikatakan Kades Situraja Utara Ico Suarsa pada umumnya perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.
“Sebagai upaya dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa pada umumnya bagi warga Situraja Utara pada khusunya,” Katanya Senin (6/4) ditempat aktivitasnya.
Dikatakan Kades, selain itu perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Supaya wawasan warga lebih terbuka dengan gemar membaca,” jelasnya.
Ia berharap jika perpustakan sudah selesai dibangun masyarakat banyak yang berkunjung untuk membaca buku.
“Saya berharap kepada seluruh masyarakat nantinya, supaya ikut ramaikan perpustakaan, mengingat begitu pentingnya budaya membaca di masyarakat”, ucapnya.
Lebih jauh ia mengatakan, di perpustkaan nanti akan ada miniatur alat-alat pertanian zaman dulu sampai saat ini sebagai inovasi perpustakan Desa .
“Nanti akan ada miniatur alat-alat pertanian Jaman baheula (dulu.red) sampai termutakhir seperti pacul, arit, etem , halu, giribig, lisung dan lain sebagainya.” pungkasnya**