Sumedang, KORSUM – Banjir akibat luapan air Sungai Cibitung merendam 72 rumah dan 2 Mesjiddi Dusun Cibitung Kidul Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara.
Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan, banjir yang mengakibatkan meluapnya air Sungai Cibitung, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Rabu (8/4). Kondisi itu diperparah jebolnya tanggul, sehingga air sungai masuk ke permukiman warga dengan ketinggian 20 sampai 100 centimeter, sekitar Pukul 19.00 WIB malam.
Adapun rumah yang terendam terjadi di 3 RT yaitu RT 03 terdapat 32 rumah terendam, RT 01 terdapat 7 rumah dan RT 02 terdapat 33 rumah terendam air.
“Alhamdulillah, tidak ada korban akibat banjir dari luapan air Sungai Cikandung ini,” kata Yedi pada KORSUM, Rabu (8/4) malam.
Sementara itu upaya yang dilakukan atas kejadian tersebut, sambung Yedi, BPBD Kab. Sumedang, TNI dan Polri, Tagana mengasesment keloksi. Sekaligus melakukan pembersihan sisa-sisa lumpur bersama warga.
“Saat ini kita terus berupaya untuk melakukan penyedotan air di beberapa titik yang tidak ada pembuang airnya. Kita juga menghimbau agar warga yang terdampak agar terus waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi lagi,” tandasnya.