Sumedang, KORSUM – Sebagai bentuk keseriusan dalam upaya pencegahan dan penanganan virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19). Pemerintah Desa Sukajadi Kecamatan Wado terus memantau perkembangan warganya baik yang pulang merantau ataupun warga yang hanya beraktivitas di wilayah Desa.
Tak hanya itu, selain mendirikan Pos Pantau dan melakukan pendataan terhadap warga yang masuk ke wilayah Desa Sukajadi. Pemdes juga secara rutin setiap seminggu sekali melakukan penyemprotan Disinfektan, menyediakan paket sembako bagi warganya yang membutuhkan, pembagian masker dan juga sabun cuci tangan gratis.
“Jadi, untuk membantu meringankan beban warga yang menjalankan intruksi pemerintahakibat wabah virus corona. Kami pemdes sukajadi, mulai hari Jumat mendatang, menyediakan sembako di setiap Kepala Dusun bagi warga yang memang benar-benar sangat membutuhkan untuk makan sehari-hari,” kata Kepala Desa Sukajadi Dede Suhendar pada KORSUM, Kamis (9/4).
Untuk mencegah mewabahnya virus corona di Desa Sukajadi, sambung Dede, pihaknya juga terus memantau warganya yang baru pulang merantau terlebih bagi mereka yang pulang dari zona merah atau daerah yang terpapar virus corona.
“Di pos pantau, Pemdes Sukajadi bersama dengan Puskesmas, Muspika Kecamatan Wado, Babinsa, Babinkantibmas dan Dinas Perhubungan terus melakukan pemeriksaan. Dan bagi warga yang baru pulang, kita pantau terus setiap dua hari sekali, sekaligus di tanya keluhan kesehatannya,” ujar kades yang akrab dipanggil kang DS itu.
Dede menambahkan, dari hasil data sementara warga Desa Sukajadi yang saat ini mudik dari perantauan, terdapat 65 orang. Dan semuanya terus kita pantau sampai 14 hari dari kedatangannya.
“Alhamdulillah, dari 65 orang tersebut tidak ditemukan gejala yang mengarah ke Covid-19. Namun kendati demikian kami terus memantau mereka, sekaligus menyarankan untuk menjalankan isolasi sendiri di rumah. Dan kita berharap agar wabah pandemi corona ini segera berakhir, agar semua aktivitas warga bisa kembali normal,” tandasnya.