Kota, KORSUM-Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI yang sudah gulirkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 31 ribu KK masyarakat Sumedang yang terdampak Covid 19.

Dikatakan bupati itu kepada media saat monitoring penyaluran BST di kantor Pos, Jumat (22/5). BST ini dari Presiden melalui Kemensos lanjutnya, sebagian besar sudah tersalurkan baik via kantor Pos maupun desa.

Bupati katanya, terus koordinasi dengan pihak Pos, camat dan kades sehingga akselerasi percepatan penyaluran bantuan. Sebab trennya, hari ini BST yang digulir presiden untuk DTKS harus tuntas.

*kami, Pemda Sumedang mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Kemensos yang sudah memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan hingga bermanfaat akibat terdampak Covid 19 ini, "ujarnya.

Penyaluran bantuan ini paling besar di desa-desa karena paling dekat kepada masyarakat. Sehingga sampai saat ini hampir semua pintu bantuan sudah dan sedang disalurkan.

" kami upayakan BST ini pada H-2 Lebaran tuntas. Ada bantuan untuk DTKS dan Non DTKS, sebelumnya PKH, BPNT dan Banprov sudah tersalurkan, dan saat ini BST dari Presiden melalui Kemensos sudah dan sedang disalurkan, "sebutnya.

Bantuan Non DTKS jelas bupati, merupakan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid yaitu miskin baru. Pertama, dari APBD Sumedang sudah tersalurkan sekitar 98% dan kedua dari Banprov sudah dan sedang disalurkan.

Ketiga, BST presiden via Kemensos sekitar 31 ribu KK yang sekarang akan dituntaskan. Keempat BLT DD sekitar 20 ribu KK, sudah dan sedang disalurkan.

" Sumedang tetap berkometmen secepatnya menyalurkan bantuan dengan mengerahkan para petugas dan perangkat desa. Terbukti Sumedang dinyatakan tercepat pendataan yang memisahkan DTKS dan Non DTKS hingga diapreasi KPK dan provinsi yaitu tercepat dan akurat, "katanya.**