Pamulihan, KORSUM - Kades Cijeruk Kecamatan Pamulihan Bastaman menyebut pihaknya saat ini tengah gencar lakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dan penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) kepada masyarakatnya.

Tak hanya kunjungan langsung door to door memberi edukasi serta membagikan masker kepada masyarakat. Namun pihaknya juga menyiapkan ruang isolasi bagi warga Cijeruk yang pulang dari luar Kabupaten Sumedang.

"Warga yang pulang kerja dari Bandung diwajibkan   membawa surat keterangan kesehatan dari asal tempat kerjanya yang langsung dipertanyakan oleh Rw setempat, " tandas Kades Cijeruk diruang kerjanya, Senin (4/5).

Namun lanjut dia, jika warga yang pulang itu tidak membawa surat keterangan tersebut, maka warga itu harus diisolasi diruang isolasi yang sebelumnya sudah dipersiapkan desa.

Dikatakan, ruang isolasi bekas perumahan sekolah (guru) sudah memenuhi standar kesehatan. Sehingga warga yang sedang diproses isolasi itu dilarang berinteraksi dengan keluarga atau tetangga sebelum dinyatakan normal oleh petugas kesehatan.

Dalam menjaring warga yang datang lanjut dia, di setiap Rw dipasang pos penjagaan Chek Point yang dilengkapi alat pengukur suhu tubuh (Termogan) serta alat penyemprot tubuh (Disinfektan) sehingga keluar masuk warga dapat terkontrol.

"Karena mungkin terus menerus lakukan edukasi, akhirnya warga memahami tentang PSBB yaitu upaya pencegahan penyebaran wabah corona sehingga saat ini hampir 80% warga Cijeruk sudah memakai masker, " katanya.**