Sumut, KORSUM - Bantuan penanganan Covid 19 terus digulirkan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten termasuk desa. Bahkan tak sedikit desa yang sudah salurkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari Dana Desa (DD).

Terkecuali desa di Kecamatan Sumedang Selatan yang saat ini belum ada satu pun desa yang sudah menyalurkan BLT-nya, dan informasinya masih menunggu pencairan DD.

Dibenar Camat Sumedang Selatan Herry Dewantara. Dia merasa optimis pada Minggu ini Dana Desa dipastikan cair bahkan diupayakan secepatnya BLT  disalurkan.

Kata camat, disaat menunggu pencairan DD yang sudah diajukan, khusus desa di Sumedang Selatan terus lakukan upaya pemadanan data sehingga penyaluran BLT DD akan tepat sasaran.

"Desa di Sumedang Selatan masih proses penyaluran Bansos baik dari provinsi maupun kabupaten termasuk Kemensos. Rencananya, BLT DD yang terakhir setelah Bansos ini selesai tersalurkan, " ujar dia diruang kerjanya, Rabu (24/5).

Sebab menurutnya, data penerima bantuan ke-4 sumber tersebut banyak yang doble sehingga terus lakukan pemadanan data untuk antisifasi adanya doble bantuan.

Disebutkan, DD sudah di Musdeskan sementara datang data baru dari provinsi dan Kemensos sehingga desa harus validasi kembali terhadap data calon penerima BLT DD.

"Ada sedikit kendala terkait data penerima. Namun saat ini desa tengah menyalurkan Bantuan Provinsi dan Kemensos. Ingsa Allah BLT DD akan secepatnya disalurkan kepada warga yang benar-benar belum terima bantuan dari mana pun. " katanya.**