Paseh, KORSUM - Mobil Dinas (Modis) Sekretaris Kecamatan (Sekcam) yang bermerek Suzuki APV, saat ini dianggap sudah tidak layak pakai. Hampir di setiap kecamatan, Modis Sekcam tersebut jarang dioperasikan lagi akibat sering rusak.

Seperti dikatakan Camat Paseh yang juga Ketua Forum Camat Nandang Suparman diruang kerjanya, Senin (11/5). Mobil Dinas Sekcam harus segera ditarik karena sudah terlalu tua untuk dioperasikan.

"Mobil Dinas Sekcam  itu merupakan pengadaan mobil dinas pertama untuk camat diera Bupati Don Murdono. Jika dipaksa dioperasikan, maka akan menguras biaya cukup besar untuk perbaikan, " tuturnya.

Pihak Kecamatan sudah tidak sanggup lagi biaya pemeliharaannya sehingga banyak yang dibiarkan tak digunakan. Maka tak heran kondisi Modis Sekcam itu nyaris menyerupai besi tua.

"Solusinya, pemerintah kabupaten harus pengadaan lagi mobil dinas baru untuk camat. Sementara mobil dinas yang saat ini dipakai camat (Toyota Avanza) digeser atau diberikan ke sekcam untuk mobil dinasnya, " ujar dia.

Kata Nandang, pengadaan mobil dinas baru untuk camat itu tidak melihat merek tapi disesuaikan dengan jabatan. Sebab  bukan lagi wacana tapi sudah jadi kometmen para camat yang diusulkan secara lisan ke bagian aset.

Namun kometmen itu mungkin tertunda akibat adanya pandemi virus corona. Sementara ini, kendaraan Sekcam menggunakan motor dinas ketimbang mobil dinas yang terus merongrong minta diperbaiki.

"Percuma saja diperbaiki, apalagi dengan biaya tinggi. Hanya beberapa hari saja sudah mogok lagi, maka lebih baik ditarik saja ganti dengan yang layak pakai, " katanya.**