Tanjungkerta, KORSUM
Dalam rangka meningkatkan dan memperdayakan dan potensi daerah, Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta kini sedang melakukan penataan tempat Bumi perkemahan (Buper) yang berlokasi di Gunung Gajah Samalengoh dengan luas lahan yang sekitar 2,50 hektar. Adapun lokasi Buper tersebut, berbatasan langsung dengan Desa Mekarjaya  Kecamatan Sumedang utara dan Kecamatan Rancakalong.
Menurut Kepala Desa Gunturmekar, Enok Sumarni, apa yang digagas oleh Karang Taruna untuk membangun Bumi Perkemahan Gunung Gajah Samalengoh, suatu program Desa Gunturmekar satu Desa inovasi dalam rangka meningkatkan, memperdayakan masyarakat dan petani daerah, juga selaras dengan apa yang telah direncanakan Bupati satu desa inovasi desa.
“Kami berterimakasih dan bangga karena ditahun 2020 hingga tahun 2024 akan terwujud Bumi Perkemahan. Kami juga sangat mendukung apa yang digagas Karang Taruna dan terima kasih kepada Porkopimcam, para tokoh masyarakat, Lembaga dan Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang,” katanya. Di lokasi, Selasa (2/6).
Sementara, Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, Dede Makmur, di lokasi sangat mendukung dibangunnya Bumi Perkemahan Gunung Gajah serta akan kerja sama membantu dari aset desa untuk membangun jalan menuju Buper Gunung Gajah.
Dadang, Ketua Karang Taruna berharap, dalam melaksanakan kegiatan berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya masyarakat Desa Gunturmekar.**[Indang]