Kota, KORSUM.NET - Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia, SH.,MH berharap Pemda tegas dan konsisten dalam ihktiar penyelesaian masalah Covid-19. Tegas dalam mendisplinkan masyarakatnya namun berikan haknya (Bansos) tepat waktu.

"Pasti Sumedang berhasil dalam penanganan Covid-19. Tapi jika sebaliknya, maka DPRD punya kekhatiran terjadi penyebaran Covid gelombang kedua, " tegas Asep di DPRD, Rabu (3/6).

Asep sebut penyelesaian masalah Covid dinilai cukup berhasil. Namun salah satu indikatornya, jika semua disiplin baik masyarakat maupun pemerintah sehingga ada keberimbangan.

Untuk bisa masyarakat sadar dan disiplin lanjutnya, selain pemerintah tegas dalam membuat aturan, tapi juga adil dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. Karena setiap warga memang perlu mendapatkan haknya yaitu terima bantuan.

Sehingga pemerintah harus memenuhinya. Jangan sampai ada warga yang tidak mendapat bantuan padahal dia berhak. Oleh sebab itu sisi lain harus tegas, tapi masyarakatnya dibekali dengan cukup.

"Jika dialokasikan untuk tiga kali, April, Mei dan Juni maka segera distibusikan. Saat ini sudah bulan Juni karena Mei belum. Golkar mendorong saat rapim dengan tim anggaran agar segera penuhi bantuan untuk gelombang kedua, " tuturnya.

Ketegasan pemerintah itu harus kepada hal sekecil-kecilnya seperti pelaku usaha yang harus tetap jalan, tapi ketika melanggar protokol kesehatan, maka jangan segan untuk mencabut ijinnya. Sebab yang ditakuti disaat lebaran seolah-olah ada pembiaran.

"Dibutuhkan kesadaran kita semua, maka pemerintah harus terus menerus sadarkan warganya hingga ketingkat Rt, " katanya.**