Kota, KORSUM - Usai melaksanakan Shalat Ied, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir beserta jajaran melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Kamil di kawasan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, Jum'at (31/7/2020).

Turut hadir K.H. Muhammad Muhyidin Abdul Qodir Al-Manafi, Perwakilan  Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, para Asisten dan Kepala SKPD.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang (Perkimtan) Gungun Gunawan melaporkan, idealnya pembangunan masjid sudah bisa dilaksanakan di awal Tahun 2020. Namun, karena proses penganggaran yang begitu dinamis, terlebih dalam situasi pandemi, pembangunannya molor ke pertengahan tahun.

"Dana pembangunan masjid bersumber dari Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Barat dengan pagu anggaran sebesar Rp. 15 miliar," ujarnya.

Dikatakan Gungun, bangunan dengan luas 1.152 meter persegi itu didirikan di atas tanah seluas 5.000 meter persegi dan dikerjakan dalam dua tahapan pembangunan.

"Insyaallah akan dilaksanakan dalam dua tahapan. Tahap pertama untuk bangunan utama, basement, lantai dua dan lantai tiga. Kemudian tahap kedua untuk pembangunan menara, termasuk kolam yang akan mulai dilaksanakan Tahun 2021. Mudah-mudahan akhir tahun 2021 sudah sempurna," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Dony dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas upaya Gubernur Jawa Barat yang telah membantu mengalokasikan anggaran dan pihak-pihak yang telah ikut andil sehingga pembangunan masjid tersebut bisa direalisasikan melalui peletakan batu pertama.

Ia merasa bersyukur bahwasanya peletakan batu pertama pembangunan masjid bertepatan dengan hari Jum'at dan Hari Raya Idul Adha serta dihadiri langsung oleh K.H Muhyidin.

Menurutnya, hal tersebut menjadi sebuah pertanda baik yang akan turut membantu terhadap kelancaran proses pembangunan masjid.

"Inilah jalannya. Mudah-mudahan mulai hari ini masjid bisa dibangun dengan lancar, kemudian dimudahkan dan tidak ada ekses apapun," harap Bupati.

Bupati mengharapkan mesjid yang akan dibangun dapat menjadi sarana untuk meningkatkan syi'ar Islam serta pondasi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Setelah dibangun, kata bupati, selain untuk beribadah, masjid juga memiliki fungsi pendidikan dan fungsi sosial sehingga memberikan keberkahan bagi para ASN dan masyarakat Sumedang.

"Mohon doanya. Mudah-mudahan bangunan Masjid Al-Kamil di IPP ini dapat segera terealisasikan. Setelah masjid ini selesai, nanti juga akan dibangun Masjid Al-Kamil di bendungan Jatigede bantuan dari Gubernur Jawa Barat," pungkasnya.