Tomo, KORSUM-Kecamatan Tomo yang terkenal dengan Buah Mangga Gedong Gincunya kini sedang mengembangkan kawasan agrowisata di Dusun Bantargintung Desa Karyamukti. Dengan konsep memetik sendiri Mangga Gedong Gincu dan Jambu Air langsung dari pohonnya diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke kawasan tersebut untuk berwisata.

Sebagai bentuk dukungan Pemda Kabupaten Sumedang atas pengembangan usaha agrowisata tersebut, maka Jumat (17/7/2020), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Susi Gantini hadir di Kawasan Industri Holtikultura dimaksud.

Camat Kecamatan Tomo Asep Tatang Junaedi melaporkan, untuk mengembangkan agrowisata tersebut pihaknya bersama-sama dengan Perhutani membuka lahan seluas 30 hektare.

Camat Asep menambahkan, pihaknya berharap produk Gedong Gincu bisa memiliki hak milik 100 % oleh kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Bupati Dony atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada warga masyarakat Desa Karyamukti yang telah berusaha mengembangkan agrowisata di daerahnya.

Menurut bupati, untuk mewujudkan kawasan agrowisata yang sesuai harapan tentunya memerlukan proses yang tidak instant.

Masih dikatakan bupati, pariwisata dapat berkembang apabila didalamnya ada 3A yaitu Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi.

Terakhir bupati berharap pengelolaan kawasan agrowisata tersebut benar-benar dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, ia siap mendukung dan membantu.