Sumedang Utara, KORSUM.NET - Puncak Kancah Nangkub yang berlokasi  di Dusun Cisagasari 2 KM Desa Ranca Mulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang merupakan tanah pangangonan, atau tanah carik seluas 23 Hektar  yang mempunyai potensi cukup besar untuk di jadikan destinasi wisata di kabupaten Sumedang.

Hal tersebut dapat dilihat dengan banyak nya pengunjung ketempat tersebut.

"Sudah banyak pengunjung baik dari Sumedang maupun dari luar seperti Bogor, Subang, Bandung dan Cianjur mereka yang berkunjung kebanyakan komonitas sepedah." Kata Pjs Kades Rancamulya Ahmad Kohar baru-baru ini.

Dikatakan, penataan baru dua bulan berjalan diadanai secara swadaya. Pada 2021 akan didanai dari Dana Desa sebesar 40 Persen.

Penetaan sejak dua bulan yang lalu dari bulan Juni-Juli 2020. Anggaraanya dari swadaya masyarakat Rancamulya seperti kerja bakti .

"Kedepan kami ingin ada kampung 'Simpati Palawija'  sekitar tempat itu akan dibangun rumah-rumah sederhana di pekarangannya ditanami berbagai macam palawija dari mulai kacaang-kacangan, ubi kayu dan lain sebagainya. Di tanamnya dipekarangan rumah milik penggarap yang diperkirakan sebanyak
100 orang penggarap." Jelasnya.

Lebih jau ia megatakan, target kedepan penatataan dan pembangunan akan semakin difokuskan lagi.

"Kedapan kami akan fokus membangun musola, MCK, Gazebo, tempat selfie dan sebagainya. Sedangkan pengelolaannya akan diserahkan ke Bumdes setelah ditetapkanya Perdes." Pungkas Ahmad Kohar