Kota, KORSUM.NET - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Sumedang turun tangan untuk membantu Rubiah atau biasa di panggil Mak Anah warga Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Selasa (25/8/2020).

Mak Anah sendiri diketahui tinggal sebatangkara dan sering sakit-sakitan dikarenakan faktor usia yang sudah udzur.

"BAZNAS memberikan bantuan untu bekal hidup 500 Ribu Rupiah dan dua paket Sembako diterima langsung oleh anaknya." Jelas Ketua Baznas Ayi Subhan Hafas melalui stafnya M. Herdiana.

Ia berharap dengan bantuan alakadarnya dari Baznas dapat membantu meringankan beban hidup Mak Anah.

"Mudah-mudahan dengan bantuan alakadarnya ini dapat bermanfaat dan mudah-mudahan Mak Anah segera dapat kembali sehat seperti sediakala," harapnya.

Sebelumnya dilaporkan pada Ahad 23 Agustus 2020 Tim Sumedang Simpati Quick Response (SSQR) menindaklanjuti pengaduan dari seorang warga yang bersumber dari salah satu akun facebook.

Tim SSQR Memverifikasi dan Validasi Data langsung menemui  Ibu Rubiah atau Mak Anah di Dusun Cempaka Putih RT 03 RW 06 Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan.

Dilihat dari kondisi di lapangan, betul secara hunian memang mengkhawatirkan atau tidak layak huni. Rumah panggung dengan ukuran 4 x 6 Meter memiliki dinding serta lantai dari kayu yang hampir rubuh.

Namun yang jadi permasalahan saat ini, rumah tersebut berada di atas tanah carik Desa atau kas Desa Cigendel. Sebelumnya yang bersangkutan tinggal sendiri tidak jauh dari rumah yang di tempati sekarang dan rumah tersebut milik pribadi namun sudah diwariskan kepada anak-anaknya.

"Karena faktor usia dan kondisi kesehatan yang mulai jatuh sakit-sakitan, kini ia tinggal bersama anaknya di atas tanah carik tersebut." Jelasnya

Mak Anah mengalami sakit sudah hampir 20 tahun, yang menurut keluarga karena faktor usia. Mak Anah mendapat bantuan dari Pemerintah berupa jaminan kesehatan ( KIS ) pun jarang di pergunakan dan juga terdaftar sebagai calon penerima PKH.

Meskipun demikian, pemerintah setempat bersama-sama Tim SSQR tetap akan membantu Mak Anah diantaranya mengajukan bantuan bekal hidup serta kursi roda.

Turut hadir di lokasi Kepala Desa Cigendel, Babinsa Sumedang Selatan, Bhabinkamtibmas Sumedang Selatan, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sumedang dan pelapor.