Kota, KORSUM.NET - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dan peringatan Tahun Baru Islam 1442 H, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor kabupaten Sumedang agendakan kegiatan Mujahadah Kebangsaan, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21-29 Agustus 2020.

Menurut ketua PC GP Ansor Sumedang Acep komarudin Hidayat mengatakan bahwa Gerakan Pemuda Ansor sebagai banom Nahdlatul Ulama (NU) yang bercirikan faham keagamaan ala Ahlussunnah Wal Jamaah yang berperan sebagai bentengnya para ulama NU. Hal tersebut dikatakan pada waktu persiapan pelaksanaan kegiatan Mujahadah Kebangsaan kepada jurnalis Media Ansor Sumedang di PCNU Sumedang, Kamis, (20/08).

“Eksistensi Gerakan Pemuda Ansor sama dengan eksistensi NU, yakni selain melakukan amar ma’ruf nahi munkar juga menegakan syariat islam, menjaga nilai-nilai tradisi pemahaman keagamaan ala Ahlussunnah Waal Jamaah juga menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. terangnya.

Lanjut Acep, Dalam rangka menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat merdekanya bangsa indonesia, Gerakan Pemuda Ansor dirasa perlu untuk  melaksanakan kegiatan Mujahadah Kemerdekaan untuk kembali mengenang masa- masa perjuangan untuk memerdekakan bangsa.

Adapun rangkaian pada kegiatan tersebut antara lain, Roadshow ke Pimpinan Anak Cabang (21-25 Agustus 2020), Ziarah ke makam tokoh GP Ansor Sumedang yang sudah wafat (27 Agustus 2020), Pembacaan Maulid Al-Barjanzi (27 Agustus 2020) di PCNU Sumedang, Maghrib Mengaji dengan pembacaan Al-Qur’an 30 Juz (29 Agustus 2020) di PCNU Sumedang, dan Halaqoh Kemerdekaan dengan narasumber  Prof. Muradi, KH. Sa’dulloh, S.Q., M.M.Pd., dan Deni Ahmad Haedari (29 Agustus 2020) di PCNU Sumedang.

“Mudah-mudahan kegiatan Mujahadah Kebangsaan ini bisa berjalan dengan lancar, sukses, tanpa kendala apa pun, meski dalam suasana masih pandemi covid-19”. Harapnya.