CIBUGEL, KORSUM-Banyaknya jalan rusak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, membuat resah para warganya dan meminta kepada pemerintah untuk segera memperbaikinya.

Salah satunya, jalan yang rusak di ruas jalan Cisoka-Cibubut kemudian Cibubut-Cibugel sekira sepanjang 7 KM.

Pantauan KORSUM kondisi akses jalan tersebut banyak yang berlubang dan berkerikil.

Dadang (45) seorang warga Desa Cibugel di lokasi dekat jalan rusak tersebut mengatakan, kerusakan tersebut sudah bertahun-tahun lamanya.

Dimusim penghujan jalan kerap tergenang air membuat permukaan aspal terkelupas dan berlubang.

"Dimusim hujan nanti dikhawatirkan akan semakin parah sebab suka tergenang air lama-lama makin lebar lubangnya," katanya Selasa, (29/9/2020).

Selain itu kata dia, akibat kondisi jalan berlubang, pengendara harus ekstra hati-hati sebab takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pengendara terutama yang memakai motor harus waspada dan hati-hati supaya tidak jatuh," ungkapnya

Sementara itu, Kepala Desa Jaya Mekar Idi Kusnadi mengatakan, imbas jalan rusak bukan hanya menggangu kenyamanan berkendara, tetapi juga membahayakan.

Sebab kata dia, ketika hujan deras melanda, lubang di jalan tersebut tergenang air sehingga menyulitkan pengendara terutama sepeda motor.

"Bahaya karena enggak keliatan lubangnya ketutupan air, tahu-tahu lubangnya dalam bisa jatuh pengedara motor," ungkapnya.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Sumedang dapat segera melakukan tindakan perbaikan jalan.

"Sudah Sekitar 10 Tahun belum ada perbaikan. Mudah-mudahan cepet perbaikin jangan sampe rusaknya makin parah," jelas dia.